Bolmong

Koperasi Memiliki Peran untuk Meningkatkan Perekonomian

BOLMORA, BOLMONG – Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan hari Anak Nasional, yang mengambil tema ‘Anak Indonesia, Anak Gesit, Empati, Berani, Unggul, dan Sehat (Genius)’.

Upacara yang digelar di halaman kantor bupati Kabupaten Bolmong, rabu (25/7) itu, dirangkaikan dengan peringatan hari Koperasi Indonesia.

Dalam sambutannya wakil bupati menyampaikan selamat memperingati hari Anak Nasional, sekaligus ucapan selamat hari Koperasi Indonesia ke-71 tahun kepada jajaran pengurus koperasi di Kabupaten Bolmong.

Menurutnya, peringatan hari Koperasi Indonesia ini sejalan dengan program Presiden RI Joko Widodo, dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, untuk memeberikan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan.

“Maka koperasi memiliki peran yang strategis dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertumbuhan ekonomi dapat tercapai, tetapi belum tentu terjadi pemerataan kesejahteraan masyarakat. Sehingga, solusi yang tepat untuk melakukan pemerataan pendapatan tersebut adalah melalui koperasi,” ungkap Yanny.

Sesuai arahan presiden, untuk melakukan reformasi total koperasi ada tiga langkah strategis yang harus dilakukan, yang pertama reorientasi koperasi, yaitu mengorientasikan pemberdayaan koperasi pada kualitasnya, bukan lagi pada kuantitas koperasi.

“Yang kedua, rehabilitasi koperasi yang dimulai dengan membuat database koperasi sebagai dasar untuk pembenahan koperasi. Ketiga adalah pengembangan koperasi, yaitu pemerintah terus menerus melakukan pembinaan untuk pengembangan koperasi, sehingga koperasi yang ada saat ini mampu mensejahterakan anggotanya,” urainya.

Dengan demikian, pada peringatan hari Koperasi Indonesia ke 71 tahun ini, Yanny berharap terjadi sinergi positif antara upaya yang dilakukan oleh gerakan koperasi dan pemerintah.

“Sehingga, koperasi menjadi kuat dan mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,” cetus Yanny.

Upacara dimulai pukul 08.30 sampai selesai. Tampak wakil bupati menyerahkan hadiah kepada Dinas Koperasi dan Dinas PP3A, terkait bantuan mobil dan segala kelengkapannya.(agung)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button