BKPP Bolmong Akan Melaksanakan “Job Fit” Sebelum Lelang Jabatan

0
282
Kuota Honorer K2 Bolmong Bakal Mubazir
Sekretaris BKPP Bolmong Yanny Pudul

BOLMORA, BOLMOMG – Guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, dan birokrasi pemerintahan yang efisien dan efektif, serta pelayanan publik yang prima, maka Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) akan melakukan term of reference atau uji kesesuaian (Job Fit) bagi 28 Jabatan Tinggi Pratama (JPT) yang berada di lingkup Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong).

Sekretaris BKPP Aldi Pudul megatakan, karena saat ini 28 jabatan tersebut masih dihuni oleh pejabat pelaksana tugas (Plt) saat pelantikan kabinet Yasti-Yanny perdana pada awal Januari lalu. Sebelum dilakukan seleksi atau lelang jabatan, maka terlebih dulu dilaksanakan Job fit, yang rencananya akan digelar awal Agustus mendatang.

“Awal bulan sudah pasti kita laksanakan Job fit bagi 28 jabatan tersebut,” ungkap Aldi, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/7).

Dia menuturkan, uji kesesuain Job fit merupakan jalan tengah untuk memastikan tugas dan upaya penguatan kinerja organisasi, dan menata kelola organisasi pemerintahan menjadi semakin profesional, serta dapat berjalan dengan baik. Hal ini juga sebagaimana dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 yang tertuang dalam pasal 68 ayat (2) bahwa, pengangkatan PNS dalam jabatan tertentu ditentukan berdasarkan perbandingan objektif antara kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan yang dimiliki oleh pegawai. Sebab, uji kesesuain merupakan bentuk penerapan sistim merit dalam manjemen ASN.

“Tidak mungkin dilakukan langsung rotasi atau mutasi tanpa melalui suatu proses. Apalagi Undang-Undang ASN telah mengamanatkan untuk uji kesesuaian, dan seleksi terbuka bagi JPT pratama ini wajib dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kemungkinan Kamis (26/7), surat rekomendasi uji kesesuain dari Komisi ASN pemerintah pusat sudah ada. Jika surat rekomendasi telah sampai, maka langsung dilakukan tahapan Job fit terhadap 28 jabatan.

“Job fit ini untuk mendapat jabatan kosong. Setelah selesai job fit, maka jabatan kosong tersebut akan dilelang atau seleksi. Kemungkinan untuk lelang jabatan akan dilakukan pada APBD-P sekitar akhir tahun ini,” tutupnya.(agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here