Bolmong

Pemkab Bolmong Tunggu Juknis Pembayaran Gaji ke-13

BOLMORA.COM, BOLMONG – Meski telah beredar isu gaji ke-13 akan dibayarkan pada awal Agustus, namun sampai saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) belum menerbitkan Petunjuk Teknis (Juknis) untuk proses pembayarannya, kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong).

“Memang waktu video conference beberapa waktu lalu, diprediksi pembayaran gaji ke-13 akan dilakukan pada bulan Agustus. Tetapi, sampai saat ini kami belum menerima juknis yang menjadi dasar pembayaran gaji 13 ini,” ungkap Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Rio A Lombone, Rabu (5/8/2020).

Meski demikian, Rio menegaskan jika pembayaran gaji 13 bagi PNS dengan jabatan eselon III, hingga staf telah dianggarkan sebesar Rp13 Miliar, untuk 4.024 ASN dalam APBD tahun 2020. Nantinya, jika juknis telah dikantongi, maka BKD siap memproses pengajuan pembayaran gaji 13 dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

“Kalau Juknis sudah ada, kita langsung bayarkan. Saat ini, untuk anggarannya sudah siap,” tegasnya.

Sebelumnya, kabar gembira bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup pemerintah, baik tingkat pusat hingga daerah berhembus saat wawancara via daring oleh wartawan dengan Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani, terkait dengan pencairan gaji 13.

Dalam konferensi pers tersebut, Sri Mulyani mengungkapkan pencairan gaji ke-13 untuk PNS pusat maupun daerah, serta prajurit TNI, anggota Kepolisian, serta pensiunan akan dilangsukan pada Agustus 2020.

“Pembayaran direncanakan pada Agustus 2020,” kata Sri Mulyani.

Namun, dia juga mengungkapkan bahwa pencairan gaji ke-13 tidak berlaku kepada pejabat negara, pejabat eselon I dan II, serta pejabat setingkatnya atau sama seperti kebijakan pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) yang sebelumnya sudah dilaksanakan.

“Totalnya Rp28,5 triliun. Anggaran tersebut terdiri dari gaji ke-13 ASN, termasuk PNS pusat dan anggota Polri dan prajurit TNI, sebesar Rp6,73 triliun, pensiunan sebesar Rp7,86 triliun, dan ASN daerah sebesar Rp13,89 triliun,” tambah Sri Mulyani.

Menanggapai hasil konferensi pers tersebut, Pemkab Bolmong melalui BKD mengaku telah menyiapkan anggaran pembayaran gaji 13. Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp13 Miliar.

(Agung)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button