Bolmut

Dinkes Bolmut Matangkan Kesiapan Penilaian Kabupaten Sehat

BOLMORA, BOLMUT – Guna mematangkan persiapan untuk mengikuti seleksi penilaian sebagai kabupaten sehat kategori Wiwerda, setingkat lebih tinggi dari kategori Padapa yang sebelumnya telah diraih Kabupaten Bolmut pada tahun 2015 silam, Pemerintah Kabupaten Bolmut melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bidang Kesmas, Senin (12/7/2017), melakukan evaluasi tim pelaksana di lapangan yang akan bertugas dalam mempersiapkan menuju penilaian kabupaten sehat, yang direncanakan pada bulan Juli ini.

Dalam rapat evaluasi yang dipimpin Sekretaris Dinkes Bolmut Kalsum Mandurungi, dan didampingi Kabid Kesmas Ally Dumbela tersebut, membahas terkait pematangan berebagai kesiapan di daerah, dalam rangka merebut status kabupaten sehat kategori Wiwerda, utamanya pada persiapan empat tatanan yang menjadi penilaian. Di antaranya, kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas, tertib dan
pelayanan transportasi, kawasan hutan sehat dan ketahanan pangan, serta gizi.

Adapun cakupannya meliputi 106 desa plus satu kelurahan yang ada di enam kecamatan di daerah setempat.

“Evaluasi ini untuk mematangkan kesiapan daerah kita yang menargetkan dapat meraih predikat kabupaten sehat kategori Wiwerda. Ada empat tatanan yang jadi fokus penilaian yang harus dipastikan oleh tim pelaksana di lapangan sudah memenuhi syarat dalam penilaian, sehingga ketika penilaian oleh tim penilai tidak ada lagi kendala yang menghalangi Bolmut untuk bisa meraih predikat kabupaten sehat kategori Wiwerda ini,” papar Kabid Kesmas Ally Dumbela.

Ia mengatakan, terkait empat tatanan penilaian itu berdasarkan potensi sumber daya di daerah. Selanjutnya, setiap tatanan telah terintegrasi dengan aspek fisik, sosial budaya, ekonomi dan kesehatan.

“Nanti akan ada tim teknis yang bakal mengidentifikasi hasil pelaksanaan kegiatan pembinaan di lapangan. Selain itu, evaluasi akan terus dilakukan hingga tiba saatnya penilaian dari tim kabupaten sehat tingkat pusat, di Bolmut nanti,” pungkasnya.(irf)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button