Juara II Tradisi Lisan Lomba Simak Budaya Torang, Safrudin Sulaeman Terima Piagam dari Iskandar Kamaru

0
84
Juara II Tradisi Lisan Lomba Simak Budaya Torang, Safrudin Sulaeman Terima Piagam dari Iskandar Kamaru
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru saat menyerahkan Piagam Kepada Safrudin Sulaeman
Advertisement

BOLMORA.COM,BOLSEL — Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, memberikan Piagam Penghargaan kepada Safrudin Sulaeman (17) merupakan pelajar SMAN 1 Molibagu yang berhasil meraih Juara II dalam kategori Tradisi Lisan Lomba Simak Budaya Torang.

Panitia Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut beberapa waktu lalu menilai Safrudin sangat cakap dalam membawakan cerita Rakyat (komponen tradisi lisan) berjudul Batu Hua-hua.

Seusai memberikan piagam Iskandar Kamaru SPt Menyampaikan, sangat mengapresiasi prestasi ini karena baginya ini merupakan suatu kebanggaan bagi kabupaten Bolsel dimana bisa mendapatkan juara II.

“Sekaligus membuktikan bahwa Kebudayaan di Bolsel sangat layak untuk mendapat perhatian,” Kata Iskandar, Jumat (30/04/2021).

Dikatakan, ini juga menjadi perhatian dari Pemkab untuk lebih menggali kebudayaan Bolsel dan dikenal ke tingkat nasional maupun mancanegara. 

“Bolsel memiliki keberagaman budaya, mulai dari budaya Bolango, Mongondow hingga sanghie,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wahyudin Kadullah mengatakan, bahwa pihaknya sudah jauh-jauh hari mempersiapkan materi lomba tradisi lisan ini. Yang nantinya akan di bawa oleh Adinda Safrudin Sulaeman. 

“Dengan cerita rakyat berjudul Batu Hua-hua. Ia bisa membawakan dengan penuh perasaan,” ungkapnya.

Lanjutnya, Cerita rakyat ini yang disadur langsung dari Djemi Marwan ini dipilih karena dinilai cukup representatif untuk mewakili Bolsel.

“Baik dari segi jalan cerita, maupun durasi recite-nya,” imbuhnya.

Untuk diketahui, selain Lomba Tradisi Lisan, ada juga 2 item lain yang dilombakan dalam acara Simak Budaya Torang ini, yakni Apresiasi Desa Budaya, dan juga Lomba Kolintang. Sedangkan menurut juri, cerita Rakyat Batu Hua hua sangat unik, dan memiliki muatan nilai yg tinggi dari segi bahasa dan hikayatnya.

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here