5 Penambang Asal Desa Bakan Tewas Terhirup Zat Asam di Lokasi Tambang Liar, Ini Kronologinya

0
1726
Lokasi tambang emas di Desa Bakan, Bolmong. Foto: Istimewa
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG –  Lagi-lagi nyawa penambang kembali melayang di kawasan Pertambangaan Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Lima penambang asal Desa Bakan, yakni Ril (21), Doli (45), Ahmadi (36), Repi (23) dan Ras (45), meregang nyawa di kawasan tambang liar Desa Bakan, Rabu (8/9/2021).

Kelima penambang yang meninggal di lokasi PETI Desa Bakan tersebut diduga karena menghirup zat azam dari lubang tambang.

Dari penuturan warga setempat, kelima korban berpamitan untuk menuju lokasi tambang liar di Desa Bakan, pada Senin (6/9/2021) sekitar pukul 17.00 WITA. Namun, hingga sore Rabu (8/9/2021), kelima korban belum kembali ke rumah dan tidak mengabari sama sekali. Pihak keluarga pun memutuskan untuk mencari ke lokasi tambang.

Betapa terkejutnya, warga Desa Bakan yang mengecek ke dalam lubang tambang menemukan kelima korban telah meninggal dunia.

“Indikasi sementara diduga meninggal karena keracunan zat asam,” ucap Roy, saat diwawancara, Rabu (8/9/2021)  tadi malam.

Saat ini kelima korban sudah dievakuasi ke rumah masing-masing, yang berada di Desa Bakan.

“Hari ini (9 September 2021) akan dikebumikan,” ucapnya lagi.

Kapolsek Lolayan AKP Joel lalensang, ketika di konfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

“Maaf saya masih dalam perjalanan menuju lokasi, masih di blok C. Sesuai informasi ada lima orang yang jadi korban,” katanya pada Rabu (8/9/2021) tadi malam.

Tewasnya lima penambang ini menambah jumlah korban di tambang ilegal Bolmong.

Sebelumnya juga, puluhan orang sudah meregang nyawa di tambang liar Desa Bakan. Saat ini, Pemkab Bolmong terus berupaya menjadikan kawasan tambang ilegal di Bolmong legal, lewat pengusulan wilayah pertambangan rakyat ke provinsi. Diharapkan legalitas tersebut berefek pada keamanan pekerjaan di lokasi tambang.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here