COVID-19 MEMAKSAKU MERANGKUL TEKNOLOGI

0
236
COVID-19 MEMAKSAKU MERANGKUL TEKNOLOGI
Febrima Buchari, S.Pd.I, Seorang Guru di SD Negeri 1 Buyat, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
Advertisement

Oleh: Febrima Buchari, S.Pd.I

VIRUS Corona (COVID-19) melanda hampir seluruh Negara di dunia dan ternyata menjadi lebih buruk dari masalah ekonomi, strategis dan politik yang kritis pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya agar para pelaku pendidikan seperti pendidik dan peserta didik tetap bisa menyelenggarakan pembelajaran meskipun dengan cara yang berbeda seperti Study From Home (SFH). Study From Home (SFH) dengan penggunaan metodeVirtual, secara tiba-tiba merupakan periode penting dalam kehidupan saya selaku pendidik untuk menerima perubahan dan dipaksa terlibat dalam kegiatan e- learning dan aktivitas online agar dapat melaksanakan tugas berbasis Study From Home (SFH). Masalah teknis dipastikan dapat terjadi namun harus dapat dikelola dengan baik ketika kita sebagai pengguna berusaha menjadi ramah, bersahabat dengan peserta didik saat bertatap muka secara online. Tantangan dari Study From Home (SFH) ini terletak pada kesediaan pengguna untuk merangkul teknologi.

Semangat dan motivasi menerima perubahan dibalik Covid 19 membuatku belajar merangkul teknologi sehingga dapat menyajikan pembelajaran secara menyenangkan, efektif dan dapat dilakukan dimanapun, memperkenalkan saya pada beberapa aplikasi yang tak kukenal sebelumnya, antara lain:

a. Ruang Guru

Ruang guru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, termasuk layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar, serta konten-konten pendidikan lainnya yang bisa diakses melalui web dan aplikasi Ruang guru.

b. Google Classroom

Google bekerja sama dengan para guru  di  seluruh Negeri untuk menciptakan  Classroom, fitur yang efisien, mudah digunakan, membantu guru      dalam mengelola    tugas.    guru    dapat    membuat    kelas, mendistribusikan     tugas,     memberi     nilai,     mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat.

c. Google Meet

Google  Meet   dapat  diintegrasikan   secara   langsung   ke dalam   google   classroom,   guru   dapat  berinteraksi   dan tatap  muka  sehingga  peserta didik  merasakan  kehadiran  guru dalam proses pembelajaran.

d.  Quizzis

Menggunakan  aplikasi Quizizz,   peserta didik   dapat   melakukan latihan soal atau evaluasi pembelajaran di dalam kelas pada perangkat elektronik mereka. Quizizz   memungkinkan  peserta didik    untuk    bersaing dan memotivasi mereka meningkatkan hasil belajar.

e.  Kahoot

Kahoot memiliki empat fitur yaitu game, kuis, diskusi dan survey.  Untuk  game,  bisa  dibuat  jenis  pertanyaan  dan menentukan   jawabannya serta   waktu  yang  digunakan untuk  menjawab  pertanyaan  tersebut.  Peserta  didik diminta untuk  memilih  warna atau gambar yang mewakili jawaban yang tepat.

Semangat   dan   motivasi   menerima   perubahan   dibalik  Covid  19  membuatku  belajar  merangkul  teknologi sehingga dapat menyajikan pembelajaran secara menyenangkan,   efektif   dan   dapat   dilakukan   dimanapun, memperkenalkan  saya  pada  beberapa  aplikasi  yang  tak  ku kenal sebelumnya, antara lain:

f. Jamboard

Papan  tulis  digital    dapat  menyatukan  gagasan,  konten, dari  semua  orang.  kolaborasi  di  mana  saja  secara  real- time. Papan   tulis   digital   juga   bisa   berfungsi   sebagai tempat mengumpulkan atau mempresentasikan   tugas peserta didik yang bisa di komentari oleh seluruh peserta didik yang ada di dalam kelas.

Pandemi   Covid   19   memaksa saya untuk   merangkul teknologi     antara     lain     menggunakan     aplikasi     google classroom   yang   terintegrasi   dengan   google   meet,   quizis, kahoot  dan  jamboard  agar  kegiatan  pembelajaran  berjalan efektif,  menyenangkan,  dapat dilaksanakan dimanapun  dan kapanpun, walau dengan cara yang berbeda. Semoga virus corona segera berakhir di muka bumi ini. Aamiin YRA.

Penulis adalah seorang Guru di SD Negeri 1 Buyat, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten  Bolaang Mongondow Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here