Pemkab Bolmong Fasilitasi Petani Sawit

0
159
PT ASI Jawab Penolakan Sawit, Asep: Kami Juga Punya Hati
Kunjungan tim dari Pemprov Sulut ke Bolmong

BOLMORA.COM, BOLMONG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) turun ke Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) untuk meninjau tanaman kelapa sawit di Desa Lolak II, Kecamatan Lolak, Kamis (22/8/2019).

Kedatangan tim dari Pemprov yang dipimpin Kabag Ekonomi Pemprov Sonny Runtuwene, didampingi Kasat Pol PP Pemprov Sulut Steven Liow itu, bertujuan menindaklanjuti isu penolakan masyarakat Lolak terhadap sawit yang disuarakan pada unjuk rasa beberapa waktu lalu di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut.

Sonny menyatakan, kedatangan pihaknya untuk mempelajari keadaan masyarakat dalam hubungannya dengan kelapa sawit.

“Kami juga memantau perusahaan,” kata dia.

Beber dia, temuan timnya akan dikaji, selanjutnya dicarikan solusi. Ia berjanji akan berkoordinasi dengan Pemkab Bolmong.

“Prinsipnya yang kita cari adalah solusi masalah ini,” ujarnya.

Senada yang dikatakan Kasat Pol PP Sulut Steven Liow. Pihaknya akan mempelajari keluhan warga tentang sawit.

“Akan kita pelajari,” ucapnya.

Dari pantauan awak media, setelah pihak Pemprov turun meninjau di perkebunan sawit, tim berdialog dengan sejumlah warga di salah satu rumah makan di pusat kota Lolak. Di situ, Beberapa warga menyampaikan penolakannya terhadap tanaman sawit.

Asisten II Setda Bolmong Yudha Rantung, saat dikonfirmasi mengakui awalnya ada penolakan warga.

“Tapi pada akhirnya sudah ada solusi,” ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya sudah bernegosiasi dengan perkumpulan masyarakat petani, dari organisasi tani maju. Perkumpulan petani ini mengklaim punya anggota 331 kepala keluarga dan 448 jiwa. Tuntutan mereka adalah meminta lahan pertanian untuk digarap. 

Hal itu pun disepakati Pemkab, dengan memfasilitasi para petani untuk memperoleh tanah negara guna diolah jadi lahan pertanian.

“Kami fasilitasi masyarakat ke Depdagri dan BPN,” tandas Yudha.

Menurutnya, kewenangan untuk memperoleh tanah negara ada di pusat, pihaknya hanya memfasilitasi. Mengenai kunjungan tim Pemprov, ia membeber jika sebelumnya sudah ada rapat antara perwakilan Pemprov Sulut dan Pemkab Bolmong di kantor Gubernur Sulut.

“Sebelumnya sudah ada rapat bersama-sama,” pungkasnya. 

(Agung)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here