BPPD Buol Kerja Sama dengan BRI untuk Terapkan Pembayaran PBB Melalui Palikasi EDC

0
829
BPPD Buol Kerja Sama dengan BRI untuk Terapkan Pembayaran PBB Melalui Palikasi EDC
Kaban BPPD Buol Wahyu Setyabudi

BOLMORA.COM, BUOL – Rencana pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui non tunai yang digagas BPPD Pemkab Buol, tahun 2020 mulai diaplikasikan lewat kerja sama dengan BRI.

Kerja sama tersebut untuk mempermudah membayar PBB melalui aplikasi electronic data capture (EDC). Demikian disampaikan Kepala BPPD Buol Wahyu Setyabudi, saat ditemui awak media Bolmora.Com, di ruang pelayanan konsultasi kantor BPPD Buol, Senin (20/07/2020).

“Di kantor, saya suruh rekap yang tanah/PBB untuk dilakukan pembayaran lewat kartu edisi BRI, dan hari ini dilakukan pembayarannya melalui alat geseknya BRI,” terang Wahyu.

Kata Wahyu, untuk mengawali pembayaran PBB melalui sistem non tunai atau EDC, pihaknya mengawali diinternal pegawai lingkungan BPPD, dengan melakukan rekap lahan/tanah milik pegawai untuk dibayarkan pajak.

“Jadi, untuk pembayaran PBB non tunai ini mulai dari internal kita dulu. Kalau ini sukses, rencananya lanjut ke OPD lain. Karena, kita tidak mau kejar-kejar orang, sementara kita sendiri belum bikin,” ujarnya.

Dijelaskan, ke depan nantinya melalui sistem EDC ini masyarakat akan semakin mudah dalam melakukan pembayaran pajak.

“Untuk pembayaran jenis pajak lain, kita akan terapkan sistem yang sama. Hanya saja kita awali dulu dari PBB, nanti secara bertahap semua akan gunakan pembayaran non tunai (EDC),” kata Wahyu.

Lanjut dia, selain mengawali sistem pembayaran PBB lewat EDC, pihaknya juga sudah membuka pusat pelayanan terpadu semua jenis pajak daerah Kabupaten Buol, di kantor BPPD. Upaya ini sekaligus untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

“Untuk awal pembayaran non tunai, PBB dulu dan kita mulai dari internal kantor, kemudian akan ke OPD-OPD lain untuk menerapkan sistem EDC kerja sama dengan BRI,” pungkasnya.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here