Kotamobagu

Patuhi Prokes Covid-19, Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Stadion Nunuk Kelurahan Matali Berlangsung Khidmad

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU – Pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah, pada Kamis (13/5/2021) di Kelurahan Matali, Kecamatan Kota Timur, Kota Kotamobagu, dipusatkan di Stadion Lapangan Nunuk. Hal itu sesuai dengan rapat penentuan tempat dan waktu pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah, oleh panitia Perayaan Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kelurahan Matali.

Menurut Ketua Panitia PHBI Kelurahan Matali Hi. Rusno Dasinangon mengatakan, di Kelurahan Matali memang ada 6 Masjid yang menjadi tempat ibadah/salat. Namun, pihaknya memutuskan bahwa pelaksanaan Salat Idul Fitri kali ini dipusatkan di Stadion atau Lapangan Nunuk.

“Karena memungkinkan, maka untuk yang pertama kalinya pelaksanaan Salat Idul Fitri di Stadion Nunuk, tentu dengan mempertimbangkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas,” jelasnya.

Lebih lanjut Rusno menyampaikan bahwa, jumlah jamaah yang siap ditampung untuk melaksanakan Salat Idul Fitri kurang lebih sebanyak 4.000 jamaah.

“Panitia sudah menyiapkan masker gratis untuk jamaah yang lupa menggunakannya dari rumah. Selanjutnya, jamaah yang datang diharuskan mencuci tangan, mengunakan hand sanitizer yang telah disiapkan di pintu masuk stadion. Pintu masuk pun dijaga ketat oleh panitia, TNI dan Polri, serta menjaga jarak saat duduk,” pungkasnya.

Dalam kesematan ini, Ketua PHBI dan pengurus mengucapkan syukur moanto (terima kasih) atas kerja sama semua panitia dan masyarakat, yang telah mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah, di Stadion Lapangan Nunuk Kelurahan Matali, dan kegiatan ini berjalan lancar, aman dan khidmat, serta terpantau mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sementara itu, Lurah Matali Rohani Potabuga menyampaikan bahwa, Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah adalah yang pertama kalinya dilaksanakan di Stadion Nunuk Kelurahan Matali, yang sebelumnya dilaksanakan di lapangan mini matali samping Masjid Ar-Rahman Raja DC Manoppo.

“Ini sesuai dengan hasil rapat Panitia PHBI Kelurahan Matali. Setelah  mendengarkan pengumuman penetapan 1 Syawal 1442 Hijriyah, hasil sidang isbat yang dilaksanakan, pada Rabu (12/5/2021), yang dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, maka saat itu juga langsung diumumkan kepada masyarakat bahwa pelaksanaan Salat Idul Fitri1442 Hijriyah di Keluarahan Matalai di pusatkan di Stadion Nunuk,” Papar Rohani.

Kata dia, keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan panduan penyelenggaraan Salat Idul Fitri dimasa pandemi Covid-19. Di  mana, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, menerbitkan Surat Edaran Nomor: SE 07 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah/2021 Masehi dimasa pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah semuanya telah dipenuhi dan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Saya berharap ke depan kerja sama pemerintah,panitiaPHBI dan masyarakat akan terus terjalin denganpenuh kebersamaan dan kekeluargaan, dengan Motto: Mototompiaan, Mototabian, Bo Mototanoban – Igai Ba Tompiaan Lipu Naton Matali,” sebut Rohani.

Adapun para tokoh agama yang ditugaskan untuk melaksanakan amanah sebagai petugas/pelaksana diantaranya, bertindak sebagai Khotib Ir.Hi. Sonda Simbala, Imam Slamet Kiay Demak, S.Ag.

Sonda Simbala dalam judul khotbahnya “Mempererat Persaudaraan dalam Kesederhanaan yang Bermutu” menekankan salah satu dampak Covid-19,  yakni memupuk rasa kebersamaan dan kepedulian, untuk saling berbagi dengan sudara yang kurang mampu, atau yang terdampak Covid-19 pada kehidupan sehari-hari. Di mana, Ramadhan menjadi tarbiyah untuk dapat mempererat persaudaraan berbagi rasa dan cinta dengan cara sederhana, tapi berkualitas tinggi.

Lebih lanjut intisari khotbah menekankan pensucian diri pada bulan Ramadan merupakan modal utama bagi kaum muslim dalam menghadapi tantangan kehidupan saat ini. Oleh karena itu, amal ibadah yang telah dilaksanakan pada bulan Ramandan harus senantiasa dijaga dan ditingkatkan.

(Sutarjo/Gnm)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button