AdvertorialKotamobagu

Sekretariat DPRD Manado Koordinasi Penggunaan SIPD dan SIMDA FMIS ke DPRD Kota Kotamobagu

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Jumat (4/3/2022), Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kotamobagu menerima kunjungan kerja pejabat dan staf dari Sekretariat DPRD Kota Manado.

Kunjungan yang dipimpin Kepala Sub Bagian Keuangan DPRD Kota Manado tersebut, diterima oleh Sekretaris DPRD Kota Kotamobagu, diwakili Kasubang Keuangan Ruslandi Mongilong, bersama beberapa staf lainnya.

Menurut Ruslandi, kunjungan dari Sekretariat DPRD Kota Manado ini untuk berkoordinasi dan sinkronisasi terkait penerapan dan penggunaan sistem keuangan melalui Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

“Ada banyak hal yang menjadi pembahasan dalam pertemuan tadi. Di antaranya, mengenai penggunaan SIPD dan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Financial Management Information System (FMIS),” ungkap Ruslandi, saat ditemui usai menerima kunjungan.

Landi sapaan akrabnya menjelaskan, SIPD adalah bagian dari pengimputan awal anggaran, dan juga backup sistem anggaran.

“Namun, nantinya dalam proses pengimputan anggaran kas dan proses pencairan anggaran melaluai SIMDA FMIS,” ujarnya.

Lebih lanjut Landi memaparkan, latar belakang penerapan aplikasi SIPD dan SIMDA karena pentingnya pelaporan keuangan yang akurat dan
transparan.

“Penggunaan apilkasi SIPD dan SIMDA memudahkan proses pengelolaan keuangan di Sekretariat DPRD Kota Kotamobagu, sehingga tidak secara manual lagi. Penerapan apilikasi ini sangat membantu kami dalam menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Selain kebutuhan internal, sekretariat juga harus menyediakan dana untuk menunjang kinerja anggota DPRD,” terangnya.

Penerapan SIPD dan aplikasi SIMDA keuangan dapat mempercepat kinerja serta mempermudah pihaknya dalam pengelolahan keuangan hingga pelaporan akhir tahun.

“Dengan adanya aplikasi SIMDA kamidi Sekretariat DPRD Kota Kotamobagu dapat meminimalisir kesalahan perhitungan anggaran,” pungkas Landi.

Dikatakan Landi, ada beberapa poin penting juga yang dibicarakan dalam kunjungan Sekretariat DPRD tersebut.

“Intinya kami saling berbagi pengetahuan dan saling memberi implementasi modul FMIS yang sudah diterapkan di Sekretariat DPRD Kota Kotamobagu,” sebutnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan Sekretariat DPRD Manado menyampaikan  apresiasi dan terima kasih kepada pihak Sekretariat DPRD Kota Kotamobagu.

“Adasejumlah masukan yang kami dapat dalampertemuan tadi. Nantinya akan disinkronkan dengan aplikasi yang telah kami terapkan. Terima kasihatas sambutan yang sangat luar biasa dari Sekretariat DPRD Kota Kotamobagu Masukan-masukan atas kelemahan-kelemahan dari FMIS yang kami terapkan akan menjadi referensi kami ke depan,” kata Armand, panggilan akrab salah satu dari pejabat Sekretariat DPRD Manado.

(Advertorial/Gnm)

Gunady Mondo

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010 (Wartawan UKW UTAMA: 9971-PWI/WU/DP/XI/2021/21/10/79)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button