Ditpolairut Polda Sulteng Tetapkan Satu Tersangka Dalam Kasus Speedboad Tenggelam

0
555
Kasus Speedboad Tenggelam, Ditpolairut Polda Sulteng Tetap Satu Tersangka
Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto

BOLMORA.COM, PALU – Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto mengemukakan, bahwa penyidik Ditpolairut Polda Sulteng, telah menetapkan seorang tersangka berinisial LB (36) dalam kasus tenggelamnya speedboad Fajar diperairan laut Sonit, Kabupaten Banggai Laut (Balut), Provinsi Sulteng, pada 2 November 2020 silam.

“Motoris speedboad telah ditetapkan menjadi tersangka dan telah dilakukan penahanan di Rutan Ditpolairut Polda Sulteng sejak tanggal 10 November 2020 yang lalu,”sebut Didik, dalam rilisnya yang diterima Bolmmora.Com, Rabu (18/11/20).

Didik menjelaskan, LB ditetapkan menjadi karena dianggap lalai dalam mengoperasikan kapal yang melebihi kapasitas dan tidak memberikan alat keselamatan kepada penumpang.

Kepada tersangka penyidik menjerat dengan pasal 302 ayat (3) jonto pasal 117 ayat (2) UU RI Nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran  dana tau pasal 359 KUHP dengan ancaman 5 sampai 10 tahun.

Lanjut mantan Wadirreskrimum Polda Sulteng itu, menjelaskan setidaknya penyidik telah memeriksa empat orang saksi dalam kasus tersebut. Untuk saksi ahli penyidik juga telah menyurat ke Direktur KPLP Dirjen Hubungan Laut Kementrian Perhubungan di Jakarta.

Tenggelamnya speedboad Fajar, diperairan laut Sonit Kabupaten Balut, bermula saat rombongan Cabup-Cawabup Balut bertolak dari Desa Kasuari, Pulau Timpaus menujuh pulau Sonit. Ditengah perjalanan speedboad mengalami kecelakaan dan tenggelam.

Dari 11 penumpang empat ditemukan meninggal dunia satu diantaranya Cawagub almarhum Asgar B Badalia, dan empat lainnya hingga kini belum ditemukan dua diantaranya anggota Polres Banggai Kepulauan Polda Sulteng. Sedangkan tiga orang lainnya ditemukan selamat.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here