KPU Kota Kotamobagu Gelar Media Gathering Terkait Pilgub Sulut

0
1068
KPU Kota Kotamobagu Gelar Media Gathering Terkait Pilgub Sulut
Kegiatan Media Gathering yang dilaksanakan KPU Kotamobagu
Advertisement

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu menggelar Media Gathering bersama puluhan wartawan, Rabu (11/11/2020).

Kegiatan yang dilaksankan di Aula Kantor Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan itu, dibuka oleh Katua KPU Kota Kotamobagu Iwan Himawan Manoppo.  Saat membuka kegiatan Iwan mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari sosialisasi dalam tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pigub) Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2020.

“Praktis beberapa tahapan telah kita lewati. Kalau menghitung hari, waktu kita tinggal 28 hari sampai dengan hari H. Nah, kegiatan hari ini kami laksanakan sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilgub,” ujarnya.

Menurut dia, sebagai penyelenggara pihaknya sangat siap, bahkan harus siap melaksanakan berbagai tahapan sampai pada hari ‘H’ pelaksanaan nanti, tanggal 9 Desember 2020.

“Kenapa kami mengundang perwakilan media hari ini?. Tentu bukan tanpa alasan, kami sadar betul bahwa media sebagai wadah penyebarluasan informasi yang sangat kami butuhkan, dalam rangka membantu kami untuk memaksimalkan penyebaran informasi terkait tahapan-tahapan Pilgub, yang sudah di depan mata,” ungkap Iwan.

Dia berharap agar media bisa bersinergi dengan KPU untuk mensosialisasikan setiap kegiatan yang dilaksanakan KPU, berkaitan dengan Pilgub Sulut. Agar,  partisipasi masyarakat terus meningkat.

“Sinergi dengan media sangat penting demi membangun komunikasi publik. Peran media sangat penting dalam penyebaran informasi. Di mana masyarakat nantinya dapat mendorong partisipasi dalam setiap tahapan Pilgub,” jelasnya.

Iwan menambahkan, pelaksanaan Pilgub kali ini dalam kondisi pandemi Covid-19, yang tidak boleh mengumpulkan banyak orang.

“Olehnya kami berharap, dengan adanya pemberitaan media terkait dengan pelaksanaan Pigub di tengah pandemi Covid-19, dapat memberi edukasi kepada masyarakat bahwa KPU terus memaksimalkan pelaksanaan Pilgub dengan mengutamakan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh 4 komisioner KPU Kota Kotamobagu lainnya, masing-masing Asep Sabar, Yokman Muhaling, Zulkifli Kadengkang, dan Herdi Adrian Dayoh ini, juga melibatkan Komisioner KPU Sulut Yessy Momongan, meski hanya melalui video call.

Yessy juga turut menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut. Dia memaparkan seperti apa kinerja dan upaya KPU dalam menyukseskan Pilgub Sulut 2020, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Demikian dengan Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang menangani Divisi Teknis Penyelenggaraan Asep Sabar, yang memaparkan terkait teknis, tingkat partisipasi masyarakat, dan dasar hukum dalam pelaksanaan Pilgub nanti.

Sementara, Komisioner KPU Kota Kotamobagu lainnya Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Yokman Muhaling, memaparkan terkait tahapan-tahapan yang telah dan akan dilaksanakan oleh KPU Kota Kotamobagu dalam menghadapi Pilgub Sulut tahun 2020.

Di kesempatan itu pula, Komisioner KPU Kota Kotamobagu yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) Zulkifli Kadengkang, juga turut memberikan wejangan terkait pelaksanaan tahapan perekrutan anggota KPPS yang telah dilaksanakan, dan soal kegiatan simulasi pemungutan suara dengan menerapkan protokol kesehatan, guna pencegahan penyebaran Covid-19, yang akan dilaksanakan Kamis (12/11/2020) besok, di lapangan Aruman Jaya, Kelurahan Motoboi Kecil.  

(Gnm)   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here