Bupati Bolmong Gejot Investasi PT Kimong

0
328
Kementerian Investasi BKPM Fasilitasi PT KIMONG Saat Berkunjung ke Bolmong
Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow saat mendampingi Kementerian Investasi dan PT Kimong
Advertisement

ADVETORIAL, BOLMONG — Kementerian Investasi/BKPM terus berupaya menarik investasi masuk ke Indonesia, salah satunya ke Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Berbagai upaya itu terus dilakukan demi menarik investasi ke dalam negeri, salah satunya dengan memfasilitasi masuknya PT Kawasan Industri Mongondow (Kimong).

Sebelumnya, Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow bersama jajaran, Rabu (06/10/2021) menerima kunjungan kerja Tim Kementerian Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (Keminves/BKPM) RI meninjau langsung lahan PT. Kimong.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo mokoagow bersama Tim Keminves BKPM

Tim Keminves/BKPM terlebih dahulu diterima Bupati Yasti di ruang kerjanya, kemudian tim dan jajaran pemkab meninjau langsung lahan PT. Kimong di Kecamatan Lolak, sekaligus melihat dan mengecek langsung dokumen RTRW yang ditetapkan sebagai kawasan industri.

Pemkab Bolming dan Kemenves/BKPM bersama pihak PT Kimong melaksanakan pembahasan di Kantor PT. KIMONG di Desa Lalow.

Diketahui, pada pertemuan yang dilaksanakan Hotel Four Points by Sheraton Manado, Kamis (07/10/2021), dihadiri Direktur Jenderal Tata Ruang, Direktur Sinkronisasi Pemanfaatan Ruang, Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Wilayah II, Tenaga Ahli Menteri Agraria dan Tata Ruang Bidang Pengadaan Tanah, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Wilayah Sulut, serta Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bolmong.

Selain itu dari Pemprov Sulut, dihadiri Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Sulut, Kepala Dinas Bina Marga dan Pemanfaatan Ruang, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Bupati Bolmong Yasti Soepredjo mokoagow bersama Tim Keminves BKPM dan PT Kimong saat menggelar Rapat

Dari Pemkab Bolmong, hadir Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Sedangkan pihak invetor yakni Direksi PT. Kawasan Industri Mongondow dan Direksi PT. Sucofindo Indonesia.

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Imam Soejoedi menyebutkan, investasi KIMONG di Kabupaten Bolmong akan dipercepat.

“Semua pihak mulai dari pemerintah daerah, provinsi maupun dari kementerian dan investor diharapkan untuk bersinergis dalam percepatan investasi tersebut. Kita akan pacu. Kita harapkan desember tahun ini sudah selesai semua perizinan dan tahun depan mulai beroperasi,” tutur Soejoedi.

Direktur Wilayah III, Kedeputian Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Keminves/BKPM Sri Moertiningroem mengatakan, kedatangan mereka ke Bolmong untuk menindak lanjuti permohonan dari pihak investor PT KIMONG terkait penyesuaian tata ruang. Dari zona budidaya perkebunan pertanian menjadi zona wilayah industri.

“Peninjauan ini bagian dari program dari Kementerian Investasi dan BKPM, dalam memfasilitasi perusahaan yang mempunyai kesulitan untuk merealisasikan usahanya. Apalagi persiapannya dari KIMONG ini sejak tahun 2019, atas dukungan dan inisiatif dari Ibu Bupati Bolmong,” ungkapnya.

Lanjutnya, Kementrian Investasi/BKPM memilki program eksekusi, realisasi, dan investasi di wilayah timur.

Salah satunya Kabupaten Bolmong yang berada di wilayah timur Indonesia. Hal ini dilakukan agar para investor segera melakukan kegiatan usaha.

“Sebab multiplayer efeknya sangat luar biasa. Yakni membuka lapangan kerja sebanyak mungkin untuk masyarakat Bolmong,” ucap dia.

Dia berharap, tahun 2022 nanti KIMONG sudah mulai beroperasi. Sebab Kementerian Investasi/BKPM tahun 2021 ini mempunyai target Investasi yang harus tercapai sebesar Rp 858,5 triliun.

Namun arahan presiden kita harus mencapai realisasi investasi Rp 900 triliun. Bahkan arahan Presiden RI Joko Widodo kata dia, untuk target investasi tahun 2022 menjadi Rp 1.200 triliun.

“Jika Kimong ini beroperasi industri asing masuk di Bolmong maka target kami tahun 2022 akan tercapai,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, soal tata ruang, Pemkab Bolmong sendiri memang ada revisi untuk kecamatan Lolak dan sudah menjadi wilayah PT. KIMONG.

Namun terkendala dengan adanya pandemi Covid-19. Padahal anggaran revisi Perda tata ruang sudah dianggarkan di tahun 2019 dan mulai dibahas di tingkat eksekutif.

“Karena ini inisiatif pemerintah untuk tata ruang. Dan ditahun 2020 rencana akan dibahas di DPRD, namun ketika memasuki tahun 2020 anggaran kita direfocusing,” bebernya.

Pemerintah tetap bekerja dalam hal penyempurnaan tata ruang supaya lebih komprehensip. Ini tidak hanya tata ruang PT.KIMONG yang ada di kecamatan Lolak, akan tetapi di kecamatan lain di Bolmong dilakukan juga penyesuaian.

“Tata ruang kita saat ini sudah berada di provinsi, mudah-mudahan Insyaallah tanggal 15 Oktober ini akan dibahas bersama-sama dengan Provinsi sebab mereka diwaktu yang bersamaan juga melakukan revisi tata ruang,” tambahnya.

Provinsi sendiri menghendaki adanya KIMONG di Bolmong, dan akan ada lagi kegiatan focus group Discussion (FGD) bersama Kementerian Agraria dan tata ruang (ATR), Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Setelah tahapan itu dilaksanakan, direncanakan awal Desember sudah paripurna pengesahan Perda tata ruang.

“Jika sudah disahkan tentu memudahkan bagi Kementerian Investasi/BKPM untuk menerbitkan Izin. Kita berdoa agar rencana ini segera terealisasi dan dirasakan oleh masyarakat Bolmong,” kata Yasti
(Advetorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here