KPU Kotamobagu Buka Rekrutmen PPK dan PPS

0
273
KPU Kotamobagu Buka Rekrutmen PPK dan PPS
Perrsonel KPU Kotamobagu siap bekerja menghadapi tahapan Pilwako dan Pemilu 2019
Advertisement

BOLMORA, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu saat ini disibukkan dengan berbagai tahapan, baik pelaksanaan Pilkada langsung (Pilwako) 2018 maupun Pemilu tahun 2019.

Sebagaimana diketahui, sejak 3-16 Oktober mendatang KPU Kota Kotamobagu membuka kesempatan kepada partai politik (Parpol) calon peserta Pemilu 2019 untuk memasukkan berkas, berupa kartu tanda anggota (KTA) maupun kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) yang jumlahnya sebagaimana tertera di Sistem Informasi Parpol (Sipol).

Menurut Komisioner KPU Kota Kotamobagu Iwan Manoppo, sejak Kamis (12/10/17) hari ini, pihaknya sudah mulai melaksanakan rekrutmen panitia adhoc, yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) penyelenggaraan Pilwako.

“Kita sudah membuka rekrutmen PPK dan PPS. Rekrutmen panitia adhoc ini akan dilaksanakan hingga 11 November 2017 mendatang,” ujar Iwan

Menurutnya, tidak sedikit warga yang sudah datang ke KPU Kota Kotamobagu untuk mengambil formulir, baik PPK maupun PPS. Bahkan, sejak dua hari lalu sudah ada rekomendasi dari lurah maupun sangadi terkait siapa-siapa warganya yang akan dipercaya menjadi PPS.

“Ini menarik dan menandakan bahwa masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi Pilwako Kotamobagu sangat tinggi. Mudah-mudahan ini juga berpengaruh terhadap tingkat partisipasi politik di hari ‘H’ tanggal 27 Juni 2018 mendatang,” imbuh Iwan.

Sementara itu, Sekretaris KPU Frans Tuto Manoppo menambahkan, mulai hari ini KPU juga sudah membuka pendaftaran pemantau maupun pemantauan pelaksanaan Pilwako 2018.

“Pendaftaran pemantau mulai dibuka hari ini hingga pada 11 Juni 2018, untuk para lembaga maupun individu agar segera datang mendaftar di KPU Kota Kotamobagu,” ungkap Frans.(**/me2t)

Perlu diketahui, syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pemantau maupun lembaga pemantau sebagaimana surat KPU Kota Kotamobagu Nomor 127/PP.04.3-PU/7174/K4-Kot/X/2017 antara lain:

1. Profile organisasi pemantau
2. Nama dan jumlah pemantau
3. Alokasi anggota per kecamatan
4. Rencana dan jadwal kegiatan serta daerah yang akan dipantau
5. Nama, alamat dan pekerjaan pengurus lembaga pemantau
6. Surat pernyataan sumber dana
7. Surat pernyataan independensi lembaganya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here