Lomba Tutur Cerita Rakyat Tingkat SD/MI Sukses Digelar Disdik Kotamobagu

0
230
Lomba Tutur Cerita Rakyat Tingkat SD/MI Sukses Digelar Disdik Kotamobagu
Gambar Lomba Tutur Cerita Rakyat/Foto: Ist
Advertisement

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU — Lomba Tutur Cerita Rakyat tingkat Sekolah Dasar (SD) Madrasah Ibtidaiyah (MI) sukses digelar Dinas Pendidikan (Disdik) Kotamobagu. Rabu (15/9/2021) kemarin.

Lomba yang digelar di gedung aula SKB Kelurahan Gogagoman ini diikuti oleh 32 siswa-siswi dari sekolah madrasah se-Bolmong Raya (BMR) dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan ketat.

“Jumlah siswa yang mengikuti lomba ini sebanyak 32 orang. Peserta siswa paling banyak dari wilayah Kotamobagu, Bolmut 2 siswa, Bolsel 2 siswa, dan Boltim 2 orang, ” ujar Kadis Pendidikan Kotamobagu, Rukmi Simbala Spd.

Kadis mengucapkan sangat berterima kasih kepada teman-teman guru, yang sudah mau mendampingi siswa-siswi dalam mengikuti lomba tutur cerita hari ini.

Adapun tujuan kegiatan ini diselenggarakan, kata Rukmini, guna meningkatkan minat membaca para siswa-siswi. Selain itu mengenalkan budaya melalui cerita rakyat, serta meningkatkan literasi sekolah.

Dalam lomba ini, lanjut Rukmini, pihaknya juga sudah menyiapkan juri-juri yang sangat kompeten dan berpengalaman dibidangnya.

“Dewan juri dalam kegiatan kali ini, diantaranya yakni ada Drs. H Hamri Manoppo Mpd, Sulbianti Ariyanti Spd, dan Rastono Sumardi Spd MM. Ketiga juri ini sudah sangat berpengalaman dalam kegiatan dan sangat objektif dalam penilaian,” jelas kadis.

Sementara untuk hasil lomba tersebut yakni, juara 1 diraih oleh utusan siswa SDN 1 Molibagu, yakni Fayqah Nazifah Qaira Dongkilat, dari Kabupaten Bolsel.

Kemudian disusul juara 2 yang diraih oleh Al Queenzha Aira Makalungsenge, utusan dari SDN 1 Kotamobagu. Dan untuk juara 3 sendiri diraih oleh Aurelya Letisya Moningka, utusan dari SDN Bangunan Wuwuk, Kabupaten Boltim.

Untuk hadiahnya sendiri panitia menyiapkan trophy dan uang pembinaan. Masing-masing pemenang mendapatkan Rp 2 Juta untuk juara 1, dan Rp 1,5 Juta untuk juara 2, serta Rp 1 Juta untuk juara 3.

“Pemenang lomba mendapatkan trophy dan uang pembinaan. Semoga lomba ini bisa berlanjut lagi di tahun-tahun mendatang dengan harapan minat membaca anak-anak akan semakin bertambah, ” terang kadis.

Hadiri dalam kegiatan diantaranya, Perwakilan Balai Pelestarian Nilai Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs Apolos Marisan Sos, dan perwakilan guru, serta para orang tua murid.

(Wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here