Kebakaran Hutan dan Lahan Dekati Pemukiman Warga

0
66
Kebakaran Hutan dan Lahan Dekati Pemukiman Warga
Tampak petugas saat memadamkan kebakaran lahan

BOLMORA.COM, BOLMONG – Rentetan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Bolaang Mongondow (Bolmong) masih terus berlanjut. Perkiraan kebakaran terjadi sejak Selasa (10/9/2019) malam pukul 20.10 WITA.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong, menerima laporan dari kepala desa terkait api yang sedang berkobar di Desa Lolanan, Kecamatan Sangtombolang.

“Sejak menerima informasi dari kepala desa tersebut, BPBD langsung berkoordinasi dengan Pemadam Kebakaran (Damkar), Polsek dan Koramil Sangtombolang, untuk upaya pengendalian dan pemadaman karhutla yang terjadi,” ungkap Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Bolmong Abdul Muin Paputungan. 

Menurutnya, hingga Rabu (11/9/2019) hari ini, api belum dapat dipadamkan seluruhnya. 

“Untuk api yang mengarah ke pemukiman warga sudah dapat dipadamkan, tapi masih ada titik api di puncak gunung yang sulit dijangkau, karena kondisi medan yang cukup terjal,” ungkap Muin.

Dari informasi yang diterima, karhutla yang terjadi di Bolmong akhir-akhir ini diduga akibat pembakaran lahan oleh oknum masyarakat, dan saat ini masih dalam penyelidikan aparat yang berwajib. 

Kepala BPBD Bolmong Haris Dilapanga menuturkan bahwa, hal ini terkait dengan kebiasaan masyarakat di sekitar terjadinya karhutla. 

“Di musim kemarau, mereka biasanya akan membakar untuk membersihkan lahan. Agar ketika musim hujan datang, mereka tinggal menanam,” ungkapnya. 

Walaupun ini faktor kebiasaan, namun sangat disayangkan karena api menjalar ke hutan-hutan di sekitar. 

“Kita sudah menyurat kepada aparat yang berwajib agar oknum-oknum pembakar tersebut ditindak tegas sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor: 11 tahun 2015 tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan,” pungkas Haris.

(Agung)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here