Pemprov Sulut Bantu Korban Banjir Dumoga

0
323
Pemprov Sulut Bantu Korban Banjir Dumoga
Penyerahan bantuan oleh Pemprov Sulut

BOLMORA.COM, BOLMONG – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw (OD-SK) melalui Dinas Sosial Pemprov Sulut dan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pemprov Sulut menyerahkan bantuan untuk korban bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Senin (27/7/2020).

Bantuan yang dibawa Pemprov Sulut diterima langsung Kadis Sosial Bolmong Abdul Haris Bambela. Dikatakan Bambela, Dinsos Pemprov Sulut memberikan bantuan yang terdiri dari Beras 1.000 Kg, Mie instan 2.000 bungkus, Minyak Goreng ukuran 2 liter 30 saset dan Lauk pauk 50 paket.

“Sementara BPBD Pemprov Sulut menyerahkan bantuan berupa Matras Orange 75 kembar, Tikar gambar 80 lembar, Perlengkapan dapur 10 paket, terpal coklat 12 lembar, minyak goreng 120 liter, Ikan kaleng sarden, 5000l kaleng, Kopi 56 saset, tea 96 dus, Gula 50 kg, Susu kental manis 48 kaleng. Selimut biru 80 lembar, Perlengkapan bayi 25 paket, Paket keluarga 25 paket, Paket kebersihan keluarga 25 paket, Tenda guling 10 lembar dan kompor gas dan regulator 75 set,” jelasnya.

Bambela mengatakan, ini merupakan bentuk kepedulian Gubernur dan Wagub Sulut kepada masyarakat terdampak banjir di sebagian wilayah dumoga

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban warga terdampak banjir dan tanah longsor,” ucapnya.

Dari pantauan Bolmora.Com di lokasi kejadian, Terjangan air bah menyebabkan jembatan Kosio yang merupakan penghubung antara Kecamatan Dumoga Tengah dan Dumoga Barat amblas pada bagian oprit sepanjang 7 meter. Turut amblas pula jalan penghubung antara Desa Doloduo III dan Desa Toraut. Lalu lintas antara Kabupaten Bolmong dan Bolsel terganggu oleh 10 titik longsor di Desa Matayangan, tepatnya di jalan penghubung Doloduo dan Molibagu.

Terpisah Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Bolmong Rafik Alamri mengatakan, sebanyak 905 warga yang terdiri dari 301 kepala keluarga (KK) dan terdapat 259 rumah terdampak akibat bencana banjir dan tanah longsor yang melanda sebagian wilayah Kecamatan Dumoga raya. Yakni Kecmatan Dumoga Barat, Dumoga Tengah dan Dumoga Utara. Kabupaten Bolmong pada Sabtu (25/7/2020).

Menurutnya, banjir dan longsor dipicu hujan dengan intensitas tinggi dan sedang yang terjadi sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi. Hujan deras menyebabkan sungai Ongkang dan bendungan Toraut meluap.

Sebut dia, penanganan bencana telah dilakukan personel BPBD bekerja sama dengan Dinas PU, Balai Jalan Nasional dan Balai Sungai.

“Pembersihan material longsor tengah dilakukan dan kami segera memasang jembatan darurat untuk jembatan yang putus,” tutupnya.

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here