Kapolres Buol Redam Aksi Massa dan Inisiasi Pedagang Ikan dengan Pemda Buol

0
1531
Kapolres Buol Redam Aksi Massa dan Inisiasi Pedagang Ikan dengan Pemda Buol
Kapolres Buol melakukan komunikasi dengan sejumlah pedagang, dan meminta agar menyampaikan aspirasinya dengan cara yang baik

BOLMORA.COM BUOL – Pedagang ikan dan penjual sayur di Pasar Kelurahan Kampung Bugis, Kabupaten Buol, melakukan pemalangan jalan dan aksi bakar ban di ruas jalan Trans Sulawesi, tepatnya di depan lokasi pasar, Rabu (15/7/2020).

Diduga, aksi dipicu karena permintaan para pedagang kepada pemerintah daerah, yang intinya meminta agar menertibkan penjual ikan yang masih berjualan di bahu jalan pasar lama Kelurahan Buol, terkesan hanya sebatas janji dan tidak pernah terealisasi.

Pedagang mengeluh, akibat beroperasinya para penjual ikan di bahu jalan tersebut, tidak ada lagi pembeli yang berbelanja di dalam kawasan pasar, sehingga sebagian besar dagangan ikan yang mereka jual menjadi rusak dan busuk.

Dikabarkan akibat peristiwa ini, aktivitas lalu lintas di ruas jalan tersebut mengalami kemacetan sekitar kurang lebih 1 jam.

Menerima informasi tersebut, Kapolres Buol AKBP Wawan Sunarwirawan, didampingi Wakapolres Kompol Johny Bolang dan anggota kepolisian, langsung mendatangi lokasi pasar Kampung Bugis untuk meredam aksi massa yang didominasi oleh pedagang ikan.

Pantauan Bolmora.Com, tampak Kapolres Buol melakukan komunikasi dengan sejumlah pedagang, dan meminta agar menyampaikan aspirasinya dengan cara yang baik kepada pemerintah daerah.

Kapolres juga meminta dan mengimbau kepada para pedagang supaya melakukan aksi dengan damai agar tidak menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Aksi masa akhirnya bisa diredam oleh pihak kepolisian. Kobaran api yang berasal dari ban yang dibakar massa juga dapat dipadamkan, dan palang blokir jalan yang tadinya ditutup, kembali dibuka oleh aparat kepolisian.

Ironisnya, selama aksi berlangsung tidak ada reaksi yang tanggap dari pihak ataupun perwakilan dari pemerintah daerah setempat, sehingga terkesan aksi ini tidak pernah mendapat solusi yang tegas dari pimpinan daerah, melalui instansi terkait.

Menindaklanjuti tuntutan dalam aksi tersebut, Kapolres menginisiasi pedagang pasar dan pemerintah daerah (Pemda) untuk mencari solusi yang tepat, terkait masalah yang memicu terjadinya aksi.

Para pedagang ikan kemudian diterima oleh Wakil Bupati Buol Hi. Abdullah Batalipu, bersama sejumlah pimpinan OPD terkait, untuk membicarakan solusi dalam penyelesaian permasalahan tersebut.

(Irfan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here