KPU Buol Bekali Tata Cara Coklit kepada 298 PPDP

0
952
KPU Buol Bekali Tata Cara Coklit kepada 298 PPDP
Bimtek tata cara coklit kepada PPDP oleh KPU Buol

BOLMORA.COM, BUOL – Ketua KPU Kabupaten Buol Alamsyah mengatakan, terkait pemutahiran data oleh Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP), pihaknya telah membekali dengan memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada 298 PPDP.

“Secara teknis PPDP dibekali dengan tata cara pencocokan dan penelitian PDP, seperti bagaimana mengisi formulir A-KWK, mengisi formulir pemilih baru AA-KWK, mengisi formulir AA1 dan sebagainya, termasuk juga pembekalan protokol kesehatan,” terang Alamsyah, kepada Bolmora.Com, di kantor KPU Buol, Rabu (15/07/2020).

Dia menerangkan, bimtek diberikan untuk membekali PPDP agar mengerti secara detail apa yang harus dilakukan saat melakukan coklit data pemilih, dalam kunjungan mereka ke rumah-rumah masyarakat.

Dirinya menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 pelaksanaan pemutahiran data pemilih berbeda pada pemilu sebelumnya. Selain harus menggunakan APD serta alat tulis sendiri-sendiri, dalam tata cara coklit jarak PPDP dengan warga juga dibatasi.

“Kalau dulu PPDP bebas masuk ke dalam rumah warga yang akan dicoklit, sekarang PPDP dianjurkan hanya sampai di pekerangan atau teras rumah saja. Begitu aturan mainnya, dan melakukan coklit dalam waktu tidak terlalu lama,” terangnya.

Sebut Alamsyah, untuk coklit sendiri akan dimulai secara serentak pada tanggal 18 Juli hingga 13 Agustus mendatang. Diawali dengan apel siaga di halaman kantor KPU untuk pelepasan petugas PDP secara simbolis, yang diwakili dua kelurahan.

“Untuk antisipasi terjadinya kerumunan massa dalam apel pelepasan PPDP, hanya diwakili dua kelurahan. Pada pelepasan ini, kita dahului dengan tokoh-tokoh masyarakat. Untuk komisioner, akan terbagi di lima titik. Di mana PPDP melakukan pencoklitan kepada bupati misalkan, atau Raja Buol, kami akan terbagi di lima titik itu,” terang Alamsyah.

Sedangkan untuk jumlah Petugas PDP, lanjut Alamsyah, sebanyak 298 petugas PDP se-Kabupaten Buol, atau sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS).

“Data pemilih yang akan dicoklit (yang tertuang dalam dalam formulir A-KWK) jumlah totalnya 10.4765. Ini adalah data hasil singkronisasi DP4 dan DPT Pemilu 2019. Sementara, DPT Pemilu 2019 berjumlah 96.989. Data DP4 97.814,” tandasnya.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here