Ketua Forum Kades Turut dalam Aksi Puluhan Karyawan PT HIP

0
395
Ketua Forum Kades Turut dalam Aksi Puluhan Karyawan PT HIP
Ketua Forum Kades Kab Buol Baharudin Harun saat menyampaikan orasi pada aksi unjuk rasa puluhan karyawan PT HIP di DPRD Buol

BOLMORA.COM, BUOL — Ketua Forum Kepala Desa (Kades) Kabupaten Buol, Baharudin Harun turut dalam aksi unjuk rasa puluhan karyawan PT HIP yang berlangsung di halaman kantor DPRD Buol menuntut dua bulan upah yang belum dibayarkan pihak perusahaan, Senin (29/06/20).

Dalam orasinya Baharudin, menyatakan dampak kurang lebih 900 karyawan yang dirumahkan PT HIP berimbas kepada Pemerintah Desa yang menalangi dana desa (Dandes) untuk BLT.

“Kenapa karena mereka (karyawan) ada pemotongan gaji maupun hak-hak mereka oleh perusahaan dengan alasan karena dirumahkan,”ujar Baharudin. 

Terhadap nasib ratusan karyawan PT HIP, Rudi sapaan akrab Baharudin berharap kepada seluruh pihak yang berkompeten turut mencari solusi penyelesaian persoalan atas permasalahan yang menjadi tuntutan massa aksi. 

“Ini mungkin menjadi perdebatan publik ada kepala desa berorasi saya ingatkan kepada kita semua negeri ini milik kita semua tidak boleh hanya kepentingan oknum-oknum tertentu kemudian kita biarkan mereka bergerak seenaknya di Buol,”sambung Rudi. 

Rudi, juga menyampaikan keluhan para Kades yang melakukan program penanaman sawit mandiri berkenaan nilai jual TBS plasma mandiri ke pihak perusahaan yang dibeli tidak sesuai harga standar nasional. 

“Saya sampaikan ini atas nama keluhan para Kades yang melakukan program penanaman sawit mandiri hingga ada beberapa desa kecenderungan sudah mengganti dengan tanaman bulanan yakni jagung,”tandasnya. 

Sebagaimana diketahui, puluhan karyawan perusahaan kelapa sawit PT HIP melakukan aksi dibawah bendera LPEKA (Lembaga Pembebasan Ekonomi Kerakyatan) ini merupakan perwakilan dari kurang lebih 900 karyawan yang dirumahkan semenjak Covid-19 mewabah di daerah itu. Mereka menuntut pembayaran upah bulan April dan bulan Mei untuk segera dibayarkan.

(Syarif) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here