DPRD Buol Komitmen Tidak Akan Bahas Program Diluar Musrembang

0
DPRD Buol Komitmen Tidak Akan Bahas Program Diluar Musrembang
Ketua Komisi I DPRD Buol Ahmad Andi Makka

BOLMORA.COM, BUOL – DPRD Berkomitmen tidak akan membahas program kegiatan eksekutif yang tidak melalui Musyarawah perencanaan pembangunan (Musrembang).

“Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Buol berkomitmen tidak akan membahas program kegiatan yang tidak ditetapkan dalam Musrembang kali ini,”kata Ketua Komisi I DPRD Buol Ahmad Andi Makka, kepada Bolmora.Com, Kamis (25/03/21).

Ditegaskannya, mekanisme perencanaan dan mekanisme penganggaran harus konsisten sehingga aspirasi masyarakat yang termuat dalam pokok-pokok pikiran DPRD disusun melalui penerapan E-Pokir yang terintegrasi dengan SIPD.

“Dari sinilah diharapkan kesepahaman antara eksekutif dan legislativ sebagai fungsi anggaran dapat menyepakati sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dalam dokumen RPJMD Kabupaten,”terang Andi Makka.

Andi Makka menjelaskan, Musrembang adalah wujud dari pendekatan partisipatif melalui forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah program kegiatan prioritas daerah.

“Yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan Desa dan Kecamatan yang diintegrasikan dengan skala prioritas pembangunan disetiap wilayah dalam Kabupaten,”sambung Andi Makka.

Menurutnya, RKPD menjadi pedoman penyelenggaraan pembangunan bagi seluruh perangkat daerah. Olehnya harus lebih dimantapkan dan disempurnakan agar pelayanan terhadap kebutuhan masyarakat bisa tetap sasaran.

Lanjut politisi Gerindra itu, mengatakan bahwa perencanaan pembangunan memiliki pendekatan utama salah satunya adalah pedekatan politik dalam hal ini keterlibatan anggota DPRD sebagai lembaga legislativ yang mengakomodir aspirasi masyarakat melalui kegiatan reses.

“Selanjutnya, hasil reses itu menjadi pokok-pokok pikiran DPRD sehingga diharapkan dari seluruh perencanaan pembangunan tahun 2022 harus menyentuh langsung pada kepentingan masyarakat Buol secara keseluruhan,”tandas Andi Makka.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here