Bawaslu Gelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif

0
2
Bawaslu Gelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif
Kasek Bawaslu Buol Muhammad Singara
Advertisement

BOLMORA.COM, BUOL – Bawaslu Republik Indonesia menggelar pendaftaran Sekolah Kader Pengawas Pemilu Partisipatif (SKPP) 2021. Program ini untuk menumbuhkan kader-kader pengawas pasrtisipatif agar demokrasi bisa semakin baik.

Hal itu disampaikan Kepala Sekertariat Bawaslu Buol Muhammad Singara kepada Bolmora.Com, Kamis (27/05/21) di Buol.

Singara mengatakan kegiatan ini dimaksudkan agar fungsi-fungsi pengawasan pemilu nantinya tidak hanya dilakukan oleh Bawaslu pada 2024, namun juga oleh pengawas pengawas partisipatif yang telah mengikuti kader pengawas ini.

“Materi-materi kepemiluan ini akan diisi langsung oleh Bawaslu RI dan pakar kepemiluan nasional termasuk dari pemateri tingkat provinsi,”kata Singara.

Singara menjelaskan pendaftar bukan anggota parpol dan tidak pernah menyelenggara Pemilu, termasuk belum pernah mengikuti program serupa sebelumnya.

Calon peserta juga kata Singara tidak pernah menjadi tim sukses pasangan calon dalam pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu.

Lanjut Singara mengatakan,  untuk syarat pendaftaran calon peserta berusia 20 hingga 30 tahun. Syarat pendaftaran lainnya, pendaftar minimal berpendidikan SMA/SMK dan diutamakan aktif diorganisasi kemasyarakatan.

“Pendaftaran dibuka sejak 24 Mei hingga tanggal 28 Mei 2021 secara online. Untuk alamat pendaftaran dapat diakses secara langsung melalui situs skpp.bawaslu.og.id/registrasi,”tutup Singara.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here