Tagihan Listrik Bulan Mei 2020 Terdapat Selisih Tagihan?, Berikut Simulasi Perhitungannya

0
1170
Tagihan Listrik Bulan Mei 2020 Terdapat Selisih Tagihan?, Berikut Simulasi Perhitungannya
Sumulasi Perhitungan Selisih Tagihan Rekening Listrik

BOLMORA.COM, KOTAMOBAGU Sejak Maret 2020, guna mendukung program physical distancing untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, petugas catat meter PLN (Perusahaan Listrik Nasional) tidak bisa mengunjungi pelanggan untuk melakukan pencatatan meter secara langsung. Olehnya, tagihan pada bulan April 2020 untuk penggunaan listrik bulan Maret, didasarkan pada perhitungan rata-rata penggunaan listrik tiga bulan terakhir (Desember, Januari, dan Februari).

Pada bulan Maret 2020, masyarakat sudah melakukan PSBB, sehingga terjadi kenaikkan konsumsi listrik akibat banyaknya aktivitas pelanggan di rumah. Hal ini menyebabkan terjadinya selisih antara jumlah penggunaan riil dengan pencatatan (yang didasarkan pada angka rata-rata selama tiga bulan). Selisih ini kemudian terakumulasi dan ditagihkan pada tagihan rekening bulan Mei 2020.

PLN memastikan bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik (Tarif Listrik Tetap Sejak 2017). Berdasarkan data yang ada, konsumsi daya di tingkat rumah tangga selama bulan Maret dan April memang cenderung meningkat, akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Bagi pelanggan yang ingin melakukan pengecekan terhadap catatan pemakaian listrik, bisa dilakukan melalui WhatsApp PLN di nomor 08122 123 123, atau aplikasi PLN Mobile, website www.pln.co.id, dan Contact Center PLN 123.

(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here