Baznas Buol Rilis Surat Edaran Besaran Zakat Fitra 2021

0
Baznas Buol Rilis Surat Edaran Besaran Zakat Fitra 2021
Ketua Baznas Kabupaten Buol dr H Arianto Panambang

BOLMORA.COM, BUOL – Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Buol telah menetapkan besaran zakat fitrah 1422 Hijriah atau tahun 2021 Masehi senilai 2,5 kilogram beras atau 3,5 liter per jiwa. Besaran itu sesuai surat edaran nomor 007/Baznas-KB/IV/2021.

Nilai zakat fitrah itu disepakati bersama melalui musyawarah Baznas, MUI, Kemenag dan Pemkab setempat. Bertempat diruang kerja asisten 1 Pemkab Buol, pada Selasa (27/04/21).

Dalam surat edaran Baznas tersebut disebutkan, besaran zakat fitrah jika dalam bentuk uang maka disesuaikan dengan harga pasaran setempat. Pembayaran zakat fitra juga disesuaikan dengan kualitas beras yang biasa dikonsumsi.

Penetapan besaran zakat fitrah tersebut berdasarkan lima kategori. Pertama, warga yang mengkonsumsi beras seharga Rp.9000 per kilogram dikonversikan dalam bentuk uang maka nilainya Rp.22.500 per jiwa.

Kategori kedua, beras seharga Rp.10 ribu/kilogram maka besaran zakat dalam bentuk uang senilai Rp.10 ribu per orang. Ketiga, harga beras Rp.11 ribu per kilogram, jika diuangkan menjadi Rp.27 500 per jiwa.

Empat, harga beras Rp.12 ribu/kilogram diuangkan menjadi Rp.30 ribu per orang. Terakhir, harga beras Rp.13 ribu per kilogram dalam bentuk uang senilai Rp.32.500 per jiwa.

Sementara itu, surat edaran penetapan besaran zakat fitrah tahun 2021 Masehi atau 1422 Hijriah juga ditetapkan Fidyah  sebesar Rp.20 ribu per hari/per orang.

Ketua Baznas Kabupaten dr H Arianto Panambang kepada Bolmora.Com mengatakan pembayaran zakat fitra di utamakan dengan menggunakan beras sesuai yang dikonsumsi setiap hari. Namun jika akan di konversikan dalam rupiah silahkan di hitung dan disesuaikan dengan besaran harga beras yang di konsumsi.

Arianto menambahkan, pembayaran zakat Fitra dan Fidyah dapat dilakukan diwilayah Desa dan Kelurahan masing-masing, namun jika berkeinginan berzakat di Baznas Buol masyarakat dapat berkunjung ke kantor Baznas Kabupaten Buol jalan Batalipu nomor 6B Kelurahan Leok II Kecamatan Biau setiap jam kerja.

“Demikian hal ini disampaikan, mohon bantuan untuk mensosialisasi ke publik mengenai SE ini. atas perhatian dan bantuan kerjasamanya kami haturkan terima kasih. Jazaakumullaahu khairan katsiro,”tandas Arianto.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here