14 Satuan Pendidik di Bolmong Gelar Ujian Paket C

0
14 Satuan Pendidik di Bolmong Gelar Ujian Paket C
Kepala Dinas Pendidikan Bolmong Renty Mokoginta saat membuka ujian paket C

BOLMORA.COM, BOLMONG – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Renty Mokoginta, membuka secara simbolis ujian paket C setara Sekolah Menengah Atas (SMA), yang digelar di SKB  Bolmong  Kamis (8/4/2021).

Dari data yang dihimpun Bolmora.Com, sebanyak 1.479 warga di Kabupaten Bolmong mengikuti ujian paket C setara SMA, yang dlaksanakan di sejumah titik Kabupaten Bolmong.

Kepala Dinas Pendidikan Renty Mokoginta mengatakan, ujian paket C ini merupakan program Dinas Pendidikan Bolmong, yang dilaksanakan rutin setiap tahun. 

“Program ini dilakukan guna menuntaskan permasalahan putus sekolah dan wajib belajar 12 tahun,” ujarnya.

Sebelum mengikuti ujian, para peserta paket C terlebih dahulu mengikuti proses belajar mengajar selama 3 tahun. Namun, kegiatan belajar hanya dilakukan setiap Sabtu dan Minggu.

“Pada dasarnya, ujian paket C sama saja seperti kegiatan di sekolah. Setelah 3 tahun baru bisa mengikuti ujian paket C,” jelasnya.

Dikatakan, program paket C dibuka untuk semua kalangan yang mengalami putus sekolah dan mempunyai keinginan untuk menuntaskan pendidikan wajib 12 tahun.

“Peserta tak hanya dari kalangan muda mudi saja, tapi ada juga sudah berusia di atas 50-an,” ungkap Renty.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Bolmong, Rusni Mokoagow mengatakan, sebelumnya Dinas Pendidikan Bolmong telah melayangkan penambahan blangko ijazah ke Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khursus Ditjen PAUD Diknasmen di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal itu dalam rangka Kegiatan Belajar Masyarakat (KBM) tahun pelajaran 2020-2021 yang berada di 14 satuan pendidikan.

Untuk peserta didik tingkat akhir paket A berjumlah 32, peserta didik tingkat akhir paket B berjumlah 347, dan peserta didik tingkat akhir paket C berjumlah 1479. Dari 14 satuan pendidikan yang ada, hanya SKB berstatus negeri, sedangkan sisanya berststus swasta.

“Ini sesuai dengan catoff dapodik tahun  per 31 Desember 2020,” jelasnya.

Perlu diketahui, ujian paket C berlangsung selama empat hari, mulai terhitung Kamis hingga Minggu, yang diikuti 14 satuan pendidik, yakni

1.SKB Bolmong di dulangon
2.PKBM Citra mawar di SDN Mongkoinit
3.PKBM Flamboyan di SMP 1 Lolak 
4.PKBM Al lutfi di maelang
5.PKBM Murni SMP Cokro solog
6.PKBM Permata hati di SMP 1 Poigar
7.PKBM Imanuel di SMK 1 Bolaang
8.PKBM Bersatu di Komangaan
9.PKBM Moonow Bilalang 
10.PKBM Annisa di SDN 2 Pangian
11.PKBM Katare Poopo di SMK Poopo
12.PKBM Monompia di SDN 2 Kopandakan
13.PKBM Denisa di SMK Cinta Kasih Imandi
14.PKBM Strive di SMK Cinta Kasih Imandi

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here