Amin Lasena: Sistem Buka Tutup Dirasa Efektif, Bolmut Menunggu Instruksi PSBB

0
495
Wakil Bupati Bolmut Amin Lasena

BOLMORA.COM, BOLMUT – Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), ditetapkan sebagai salah satu wilayah Transmisi Lokal Covid-19 di Indonesia, dengan pasien positif virus corona sebanyak 8 orang, pada Selasa (7/4/2020). Berkaitan dengan hal tersebut Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra. Hj. Yasti Soepredjo Mokoagow, akan menutup perlintasan orang dan kendaraan selama 1X24 jam di perbatasan Bolmong-Minsel, tepatnya di jembatan Poigar, terhitung mulai tanggal 9 April sampai dengan 21 April 2020.

“Hal ini yang telah disampaikan oleh ibu Bupati Bolmong kepada bupati-bupati dan wali kota se-Bolmong Raya (BMR), termasuk Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kemarin,” ungkap Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena, MAP, kepada awak media Bolmora.Com, Rabu (8/4/2020).

Menurutnya, yang dibatasi adalah kendaraan penumpang dan kendaraan sejenis lainnya. Bahkan, warga BMR yang berada di luar daerah tidak diizinkan memasuki wilayah BMR, sebaliknya warga BMR tidak diperkenankan untuk ke luar daerah.

“Kecuali kendaraan pengangkut logistic, seperti kebutuhan pokok, pakaian, BBM, LPG, Tim medis, Ambulans dan petugas keamanan,” lanjutnya.

Pemkab Bolmut sendiri sangat mendukung kebijakan tersebut selama tidak melanggar aturan. Karena, kebijakan ini sudah masuk kategori Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan sudah barang tentu harus mengantongi izin dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini salah satunya Kemenkes.

“Saya menyarankan kepada ibu Yasti kemarin, untuk dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Pak Gubernur Sulut sebelum kebijakan ini diberlakukan. Apalagi hal ini dilakukan untuk mengantisipasi, mencegah, melindungi dan menjaga seluruh masyarakat BMR dari wabah Covid-19,” jelas Lasena.

Dirinya menambahkan, Bolmut sejak diberlakukan sistem buka tutup yang sudah memasuki hari ke-12, dirasa efektif untuk pencegahan serta memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Sementara ini kita berkomitmen dan tetap fokus pada metode tersebut. Sampai hari ini, Bolmut statusnya siaga bencana non alam covid-19, dan kita berharap, berusaha serta berdoa bersama agar Bolmut tidak sampai menjadi darurat covid-19. Kita tidak perlu panic, namun tetap waspada. Jaga pola hidup sehat dan bantu satgas covid-19 Bolmut dengan tetap berada di rumah,” pungkasnya.

Senada dengan Wakil Bupati Bolmut, Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut, DR. Drs. Hi. Asripan Nani, MSi mengatakan, penutupan jalan Trans Sulawesi di perbatasan Bolmong-Minsel merupakan kebijakan Pemda Bolmong. Sementara Pemda Bolmut sudah menerapkan SOP di perbatasan sesuai arahan Pemda lebih tinggi.

“Bolmut tetap dengan sistem buka tutup,” singkat Asripan.

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here