Advertorial

Resmikan Rute Penerbangan Manado-Jepang, Gubernur Optimis Bisa Memberikan Feedback Positif Sejumlah Sektor di Sulut

BOLMORA.COM, ADVERTORIAL – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey meresmikan rute penerbangan atau inaugural flight antara Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado dan Tokyo (Narita) Jepang, Kamis (2/3/2023) dini hari.

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Gubernur Sulut didampingi Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, Bea Cukai Manado, Kantor Imigrasi Kelas I Manado, Kepala Karantina Pertanian, Kepala KKP Kelas II Manado, dan Kepala BKIPM Manado.

Olly Optimis Direct Flight Manado-Jepang Bisa Memberikan Feedback Positif Sejumlah Sektor di Sulut
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat menyampaikan sambutan usai meresmikan penerbangan Manado-Jepang di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Kamis (2/3/2023)

Turut hadir Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda), para pejabat lingkup Pemprov, dan bupati/wali kota se-Sulut.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengucap syukur atas terlaksananya direct flight perdana ini.

Menurutnya, kerja sama Pemprov Sulut demgan otoritas negeri Matahari Terbit itu perlahan membuka kran investasi.

“Karena berkat kerja sama kita semua, ekspor penumpang Tokyo, Narita-Manado bisa terselenggara,” ucap gubernur.

Dia mengungkapkan, inaugural flight melalui PT Garuda Indonesia ini bisa terlaksana atas dukungan dan peran stakeholder, yang tetap konsisten memajukan sejumlah sektor. Salah satunya pariwisata untuk mendongkrak roda ekonomi daerah.

Gubernur berharap, dengan dimantapkannya hubungan bilateral kedua negara, maka masyarakat Sulut semakin sejahtera.

“Semoga harapan kita ini bisa berjalan lancar dan ekonomi Sulut bisa maju,” pungkasnya.

Dengan dibukanya penerbangan ini, Pemerintah Provinsi Sulut optimis kerja sama bilateral bisa memberikan feedback sepadan dengan pemerintahan Tokyo (Narita) di sejumlah sektor. Apalagi, Provinsi Sulut merupakan pintu gerbang Asia Pasifik. Olehnya, arus perdagangan skala internasional menjadi ladang bagi Sulut untuk kembali bangkit dari terpaan pandemi Covid-19. Di mana, Provinsi Sulut khususnya Kota Manado menjadi pilar penting investasi bagi Jepang. Hal ini terbukti karena Jepang lebih memilih Kota Manado dibandingkan kota-kota lain di Indonesia.

Gubernur Olly pun menargetkan setiap minggu sedikitnya 50 orang turis Jepang akan masuk ke Sulut, meskipun sebelumnya telah ada jalur melewati Singapura.

“Saya kira akan meningkat dengan adanya penerbangan langsung, jarak tempuhnya juga sangat pendek, kurang lebih lima jam lebih sedkit,” ungkap Gubernur Olly, usai meresmikan penerbangan Manado-Jepang, Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado.

Diakatakan, sektor pariwisata memberikan dampak positif. Yang mana, wisatawan dari Jepang bisa datang langsung ke Sulut, sekaligus ada kunjungan untuk memonitor situasi dan kondisi untuk kesiapan pemerintah.

Lebih lanjut, Gubernur Olly menuturkan direct flight ini turut membangkitkan gairah eksporting ikan Tuna dan memberikan keuntungan besar bagi para nelayan.

“Harganya kalau dulu Rp30 ribu per kilo, sekarang Rp19 ribu. Ini dampaknya sangat besar untuk ekspor kita, terlebih bagi para nelayan dan pengusaha ikan Tuna di Sulut,” bebernya.

“Semua ini bisa berjalan dengan baik karena dukungan dari PT Garuda Indonesia, Bea Cukai, dan Imigrasi yang bisa bekerja sama dengan baik,” sambung gubernur.

Dengan adanya direct flight Manado-Tokyo (Narita), industri Jepang juga sangat bermanfaat.

“Nantinya, mereka juga bisa langsung mengimpor barang-barang kebutuhan dan produk-produk industri yang sudah ada di sini. Misalnya peralatan-peralatan alat berat, spare part juga dari Jepang, mobil juga banyak. Saya kira itu sangat positif untuk pertumbuhan ekonomi di Sulut,” tandas gubernur periode kedua pilihan masyarakat Sulut ini.  .

(Advertorial/Diskominfo Provinsi Sulut)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button