Penyaluran Dana BOS Langsung Ditransfer ke Rekening Sekolah

0
319
Renty: Sekolah Libur Bukan untuk Liburan
Kepala Dinas Pendidikan Bolmong Renty Mokoaginta
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Kementerian Keuangan mulai tahun ini menyalurkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) dengan langsung mentransfer ke rekening sekolah. Hal tersebut menjadi salah satu babak baru program Merdeka Belajar yang diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, akhir tahun lalu.

Kebijakan ini bahkan telah memiliki payung hukum, yakni Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020. Dengan demikian, dana BOS tidak lagi melalui rekening kas umum daerah (RKUD) provinsi.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Renty Mokoginta mengungkapkan, mulai melakukan sosialisai terkait Kebijakan baru ini.

“Jika sebelumnya dana BOS disalurkan Provinsi yang berasal dari Kemenkeu, tahun ini anggarannya langsung ditransfer dari Kemenkeu ke setiap sekolah masing-masing,” ucapnya.

Dijelaskannya, selain di transfer langsung ke rekening sekolah, penyalurannya juga dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama yang berjumlah 30 persen disalurkan di awal tahun. Kemudian untuk tahap kedua 40 persen disalurkan pada bulan april. Sedangkan sisanya 30 persen akan disalurkan pada bulan September.

“Sudah ada aplikasi yang akan di input pihak sekolah dan kemudian Kementerian akan mentransfer dana tersebut ke sekolah masing-masing,” jelasnya.

Dikatakannya, rencanannya Disdik Bolmong pecan depan akan menggelar sosialisasi Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020. Pelaksanaan sosialisai tersebut akan di undang seluruh Kepala Sekolah dan Bendahara BOS.

“Dalam sosialisai itu kami juga akan kembali mengingatkan tentang penggunaan dana tersebut dan harus sesuai regulasi,” ujarnya.

(Agung) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here