Dinas PMD Bolsel Tunggu Juknis Terkait Pelaksanaan Pilsang di 25 Desa

0
188
DPMD Bolsel Tunggu Juknis Terkait Pelaksanaan Pilsang di 25 Desa
Kepala DPMD Bolsel Ekafrie Van Gobel
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL — Pekan ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), tunggu Surat Edaran (SE) terkait petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa atau Sangadi (Pilsang) serentak di Bolsel.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas PMD Bolsel Ekafrie Van Gobel, dari Juknis tersebut telah termuat tahapan-tahapan pelaksanaan Pilsang termasuk persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon sangadi.

“Nanti pelaksanaannya akan dilakukan pada bulan April,” kata Ekafrie saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/1/2021).

Dikatakan, terkait dengan penganggaran semuanya sudah siap karena pengangarannya, dianggarkan melalui Pemerintah Daerah (Pemda) Bolsel. 

“Jadi ada juga pembentukan panitia di desa yang akan di biayai oleh APBD, ada juga tim di tingkat Kabupaten dan tingkatan desa. Jadi untuk panitia ini ada tahapan seleksinya juga yang dilaksanakan oleh panitia seleksi Kabupaten,” jelasnya. 

Ia juga menyampaikan, untuk Sangadi yang akan kembali mengikuti pemilihan harus ada surat rekomendasi dari Inspektorat, yang menyatakan yang bersangkutan bersih atau tidak ada persoalan terkait Dana Desa (DD).

“Ada juga salah satu yang spesifik karena kami di Bolsel adalah daerah religiu, maka pak Bupati meminta kepada para calon sangadi itu jika muslim harus tau mengaji atau menjadi imam, sedangkan untuk Kristen minimal harus tau memimpin ibadah,” tutupnya.

Diketahui ada 25 Desa yang akan melaksanakan Pilsang diantaranya Kecamatan Bolaang Uki terdapat 5 sangadi, Posigadan 6, Pinolosian 5, Pinteng 2, Pintim 3, Helumo 1 dan Kecamatan Tomini 3.

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here