Bolsel

Buka Rapat Orientasi RKPD Tahun 2022, Iskandar Minta ASN Proaktif dan Inovatif

BOLMORA.COM, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolsel (Bolaang Mongondow Selatan) Iskandar Kamaru, membuka rapat orientasi RKPD (rancangan kerja pemerintah daerah) tahun anggaran 2022.

Saat membuka kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Bapelitbangda (Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah), Kamis (1/1/2021) tersebut, bupati turut didampingi  Sekretaris Daerah Marzanzius Arvan Ohy, dan Kepala Bapelitbangda Arifin Matulu.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan bahwa pembangunan Kabupaten Bolsel sangat bergantung pada langkah yang dilakukan oleh ASN (Aparatur Sipil Negara) sebagai pelaksana pemerintahan.

“Olehnya, diharapkan kepada para ASN agar dapat proaktif dan inovatif. Dahulukan yang utama dan fokus pada prioritas daerah. Hilangkan ego sektoral, tingkatkan koordinasi, selalu melakukan sinergi, yaitu mengabungkan kekuatan diri sendiri dan orang lain untuk berkarya, jadilah tindakan kita sebagai solusi untuk daerah,” ujar Iskandar.

Disebutkan, rapat orientasi itu dilakukan guna menyamakan persepsi dalam proses RKPD dan Renja OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Pemkab Bolsel, sesuai amanat Permendagri Nomor 86 tahun 2017.

“Rapat orientasi ini juga sabagai bentuk tahapan awal menyusun kegiatan di tahun 2022 nanti. Untuk itu, saya minta agar tahapan-tahapan dilaksanakan sesuai prosedur,” tegas Iskandar.

Sekadar diketahui, RKPD merupakan dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 tahun. Di mana, dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, mewajibkan pemerintahan daerah menyusun RKPD sebagai penjabaran RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah), yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu 1 tahun, yang mengacu pada RKP (Rencana Kerja Pemerintah) dan program strategis nasional pemerintah.

RKPD mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah, baik secara substansial, normatif, maupun operasional, serta secara faktual.

Turut hadir dalam rapat orientasi tersebut, Tim Ahli Perencanaan Bapelitbangda Magdalena Wulur, serta anggota Tim Penyusun RKPD Tahun Anggaran 2022.

(Gnm)

Gunady Mondo

Aktif sebagai jurnalis sejak tahun 2010 (Wartawan UKW UTAMA: 9971-PWI/WU/DP/XI/2021/21/10/79)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button