Ini Besaran Dana Bansos Bagi Lansia, Penayandang Disabilitas dan Uang Duka yang Dianggarkan Pemkab Bolsel di Tahun 2021

0
1238
Ini Besaran Dana Bansos Bagi Lansia, Penayandang Disabilitas dan Uang Duka yang Dianggarkan Pemkab Bolsel di Tahun 2021
Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL – Pada APBD tahun 2021 Pemkab Bolsel telah menganggarkan bantuan sosial bagi para lansia (lanjut usia), penyandang disabilitas, dan uang duka. Hal itu disampiakan Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, Selasa (1/12/2021).

Menurutnya, meski saat ini daerah diperhadapkan pada situasi sulit akibat pemangkasan anggaran dari pemerintah pusat, namun tak menyurutkan langkah Pemkab Bolsel untuk dapat membuat kebijakan-kebijakan pro rakyat.

“Ya, walaupun DAU tahun depan berkurang Rp35 Miliar, dibandingkan tahun 2020, tapi pemerintah daerah tetap fokus untuk kepentingan rakyat pada APBD Tahun 2021, pemerintah daerah menganggarkan kembali bantuan sosial bagi para lansia Rp3 juta per orang, penyandang disabilitas Rp2,4 juta per orang, dan uang duka sebesar Rp3 juta,” ungkap Arvan.

Kata dia, nantinya nama-nama penerima adalah mereka yang terdapat dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

“Jadi, kriteria penerima bansos ini, namanya masuk dalam DTKS milik Kemensos. Selain itu, penerima bansos berdasarkan Penerima Manfaat (PM) usulan dari pemerintah kabupaten kota yang bukan penerima bansos sembako, bansos Program Keluarga Harapan (PKH), penerima kartu Prakerja, non DTKS by name by address, by Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan by nomor telepon,” jelas Arvan.

Diketahui, pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Bolsel telah menyepakati Ranperda APBD 2021 dalam sidang paripurna tahap II, yang digelar Rabu (25/11/2020) pekan kemarin. 

(*/Gnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here