Hasil Survei Membuktikan Paslon BerKAH Masih Diinginkan untuk Pimpin Bolsel

0
960
Hasil Survei Membuktikan Paslon BerKAH Masih Diinginkan untuk Pimpin Bolsel
Hasil Survei NRI

BOLMORA.COM, POLITIK – Paslon (pasangan calon) bupati dan wakil bupati petahana Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid, masih sangat diinginkan oleh masyarakat Kabupaten Bolsel untuk kembali memimpin pada periode lima tahun ke depan. Hal itu terbukti berdasarkan hasil survei Nusantara Research Institute (NRI), yang dilakukan pada 16-23 November 2020 baru-baru ini.

Dari hasil survei tersebut, tingkat keterpilihan (elektabilitas) paslon nomor urut 1 yang diusung PDI Perjuangan, Gerindra dan Perindo, berada di angka 84,1 persen, unggul jauh di atas paslon nomor urut 2 (Riston Mokoagow dan Selviah Van Gobel), yang hanya memperoleh angka 11,7 persen. Sementara sisanya, 0,3 persen responden masih merahasiakan pilihan mereka, dan 3,9 persen masih ragu-ragu (undecided voters).

Mengacu pada hasil survei ini, sangat jelas paslon yang dikenal dengan jargon BerKAH (Bersama Kamaru-Abdul Hamid) tersebut bakal menang telak di Pilkada Bolsel, yang akan dihelat pada Rabu 9 Desember 2020, pekan depan.

Menurut Manager of Research Rahmillah Ukoli, survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel dalam survei adalah 410 responden, dengan margin of error +/- 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Kalaupun angka ini (84,1 persen) meleset, selisihnya paling besar 4,9 persen di atas atau di bawah angka tersebut,” kata Rahmillah.

Lanjutnya, klaster survei ini menjangkau tujuh kecamatan se-Kabupaten Bolsel secara proporsional, berdasarkan data jumlah populasi pemilih terakhir.

“Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara  mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa terpilih,” terangnya.

Ia menambahkan, maksud dan tujuan dari survei ini adalah untuk mengukur popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas kandidat Bupati dan Wakil Bupati Bolsel, dan mengukur potensi partisipasi serta kemantapan pemilih.

“Survei ini untuk mengetahui tingkat popularitas, akseptabilitas dan elektbilitas dari masing-masing Paslon” tutupnya.

Sekadar diketahui, pada Oktober lalu NRI juga melakukan survei serupa. Hasilnya, tingkat elektabilitas paslon nomor urut 1 (Iskandar Kamaru-Deddy Abdul Hamid) unggul 82,7 persen. Sedangkan paslon nomor urut 2 (Riston Mokoagow-Selviah Van Gobel) hanya memperoleh 9,6 persen.

Dengan demikian, berdasarkan dua hasil survei yang dilakukan NRI, menujukkan tren positif bagi Paslon BerKAH, dengan tingkat elektabilitas yang terus bergerak naik. Itu artinya, Paslon BerKAH masih sangat kans untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Bolsel tahun 2020.

(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here