Warga Bolmong Bisa Bayar PBB Melalui BSGtouch

0
251
Penandatanganan Kerjasama-antara Pemkab Bolmong dan Bank BSG Cabang Lolak
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Warga Kabupaten Bolmong kini dipermudah untuk pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB- P2). Setelah adanya penandatanganan kerjasama antara Pemkab Bolmong dan Bank SulutGo (BSG) Cabang Lolak, Jumat (24/09) lalu.

Melalui kerja sama tersebut, masyarakat bisa melakukan pembayaran PBB-P2 langsung melalui Bank SulutGo, melalui ATM, bahkan bisa melalui aplikasi BSGtouch yang tersedia di playstore handphone android, dengan kemudahan

tersebut masyarakat tidak perlu ribet lagi menuju ke kantor pajak.

Branch Manager BSG Cabang Lolak, Hi Kamaludin Zees, SE mengatakan, sangat mendukung program pemerintah Kabupaten Bolmong dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat membayar pajak bumi bangunan.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemkab Bolmong dalam mengelola sistem pembayaran pajak bumi dan bangunan,” kata Adin sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, Bank SulutGo mempersiapkan akses pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan melalui ATM dan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan secara mobile banking atau BSGTouch untuk memudahkan masyarakat.

“Ini merupakan kehormatan bagi BSG karena dipercayakan oleh Bupati Bolmong dalam program BSG untuk memajukan keuangan daerah ” jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bolmong Rio Lombobe, pada penandatanganan kerjasama tersebut berharap capaian PBB-P2 melalui BSG bisa menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Saya harap eluruh camat mengambil bagian dengan mengawasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan, apalagi sudah ada kemudahan seperti ini,”jelss Rio.

Saat ini PAD sektor PBB di Bolmong terbilang masih rendah. Dari Rp 3.874.545.968 yang menjadi target pada tahun anggaran 2021 ini, baru mampu direalisasikan Rp 8.026.716.

Hal ini berdasarkan data realisasi yang didapat per 13 September 2021. Ada dua sektor pajak bumi dan bangunan. Yakni PBB Perkotaan dan Perdesaan.

Untuk PBB Sektor Perkotaan yang ditetapkan Rp 231.996.993, baru Rp6.791.985 atau 3 Persen.

Sedangkan PBB Sektor Perdesaan yang ditetapkan Rp 3.642.548.975, saat ini baru Rp1.234.731 atau 0 persen.

Rio juga berharap dengan adanya kerjasama dengan BSG maka kedepannya masyarakat lebih sadar untuk datang membayar pajak kepada pihaknya.

“Karena itu adalah tanggung jawab kita semua sebagai rakyat Indonesia,” tegas dia.
(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here