STAY AT HOME, WHY NOT?

0
875
STAY AT HOME, WHY NOT?
Siti Namira Lantapa, S.Pd.I
Advertisement

Oleh: Siti Namira Lantapa, S.Pd.I

CORONA VIRUS DISEASE atau yang lebih akrab kita  dengan  sebutan Covid-19  yang muncul pertama kali di kota Wuhan China sejak bulan Desember tahun 2019 oleh  WHO virus covid-19 sudah menyebar ke Negara yang ada di dunia, bahkan di Negeri kita tercinta Indonesia. Oleh karena itu pemerintah semakin gencar menyerukan kepada masyarakat untuk melakukan tindakan-tidakan prefentif pencegahan penularan virusyang setiap harinya semakin meningkat, mulai dari menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Selain itu setiap ke luar rumah disarankan untuk memakai masker, menghindari kerumunan, membatasi kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan masa, sampai bermunculan tagar #Stayathome. Bahkan beberapa daerah di Indonesia sudah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) itu semua tak lain dan tak bukan adalah untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Covid-19 menyebabkan sendi-sendi ekonomi banyak yang lumpuh karena mereka tidak boleh melakukan aktifitas di luar rumah. Pemerintah menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan segala sesuatu di rumah, Stay at Home istilah kerennya. Buat sebagian orang  mungkin sudah biasa, namun  buat  mereka yang sudah terbiasa beraktifitas di luar tentunya  berada di rumah terus-menerus selama berhari-hari, berminggu-minggu bahkan mungkin ada yang sudah lebih dari sebulan membuat jenuh dan bahkan stress. Nah bagaimana agar kita tetap bisa produktif dan enjoy melakukan sesuatu dari rumah adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membuat diri kita rileks dan nyaman seperti hal-hal berikut. Berkumpul, Nonton Televisi bersama keluarga. keluarga adalah muara kita untuk menuangkan segala rasa. Jika  sebelumnya  waktu   kita   tersita   untuk melakukan aktifitas atau pekerjaan di luar rumah, maka inilah saat yang paling tepat untuk menghabiskan waktu bersama mereka. Dengan  menonton  televisi  bersama  akan sedikit melupakan beban pikiran kita tentang  segala carut marut keadaan di luar yang tidak kondusif, serta kita bisa mendapat banyak  informasi tentang   perkembangan  berita tentang Covid-19.  Sehingga  kita  bisa  melakukan  tindakan  preventif dimulai dari diri sendiri agar tidak tertular olehnya.  Stay at home, why not?

Olah raga, Jika sebelum ada pandemi ini kita tidak pernah ada waktu untuk melakukan kegiatan olah raga, maka inilah Allah Swt, memberi kesempatan kepada kita untuk menjaga   kesehatan   lewat   olahraga  fisik seperti bermain badminton, bersepeda atau  sekedar  lari  pagi  di halaman rumah, bukan di jalan raya ya, karena ini sedang ada pandemi yang menyarankan kita semua stay at home. Stay at home, why not?

Work  From  Home  (WFH),  Stay  at  home  bukan berarti  kita  hanya  menjadi  kaum  rebahan  yang  hanya  bisa leyeh-leyeh.  Meskipun  di  rumah  kita  harus  tetap  bekerja, karena kita harus tetap makan untuk bisa bertahan hidup di tengah  situasi  pandemi  seperti  ini.Ya..  work  from  home, bagaimana caranya. Sekarang dunia digital semakin canggih, segala sesuatu bisa dilakukan dalam genggaman bahkan yang berjualan  pun  bisa  dilakukan  sambil  rebahan,  tinggal nanti setelah ada yang order bungkus dan siap diambil oleh kurrir. Stay at home tetap menghasilkan bukan, jadi stay at home, why not?

Nge-vlog. Kegiatan yang satu ini pastinya menyenangkan sekali, karena selain bisa untuk mengabadikan momen-momen tertentu dari vlog  yang  kita punya, kita juga bisa berbagi ilmu dengan para netizen. Jika kalian memiliki akun youtube isi dengan sesuatu yang memberikan  info-info atau tips yang bermanfaat. Karena sekarang sedang marak penyebaran virus covid-19  maka alangkah  baiknya  jika  kita  mengunggah  video  tips  mencuci tangan dengan benar,   atau informasi-informasi terkait penyebaran dan pencegahan penularan covid-19Stay  at home, why not?

Cooking. Jika sebelum ada lockdown dan PSPB yang mengharuskan kita stay at home,  mungkin kita lebih sering memanfaatkan Gofood sebagai jasa penyedia makanan untuk keluarga. Nah… sekarang akan menyenangkan jika kita bisa menghabiskan waktu untuk  memasak  dan makan bersama dengan keluarga tercinta. Biasanya saya akan mengajak anak- anak memasak yang ringan-ringan seperti membuat kue, membuat puding atau sekedar  membuat  mie  rebus  dengan telur,  jika  anak-anak  dilibatkan  dalam  memasak, tentunya mereka  akan menghargai apa yang mereka masak dan mau menghabiskan makanan yang  dibuat  tidak  dibuang  sia-sia. So, Stay at home, why not?

Berkebun. Bagi yang memiliki halaman rumah yang luas berkebun adalah aktifitas yang  menyenangkan,  apalagi dilakukan diwaktu yang cukup seperti saat ini. Jika kita bisa memanfaatkan lahan kosong di sekitar kita seperti menanam cabe, tomat dan sayur-sayuran lain pasti juga akan meringankan saat kita mau masak tinggal petik, tanpa harus ke warung untuk membeli. Dan bagi yang halamanya kurang luas, jangan  berkecil hati  kita bisa mensiasati   dengan memanfaatkan ember-ember  bekas yang ada di rumah bisa digunakan sebagai  pot  untuk  menanam  sayur.  Jadi  Stay at home, why not?

Mendampingi anak belajar. Dalam upaya pencegahan penularan Covid-19.  Saat  ini  anak-anak  juga diharuskan untuk melakukan pembelajaran dari rumah. Jadi sebagai orang tua tentunya kita harus mendampingi, terlebih anak-anak, sehingga pemahaman terhadap materi perlu  dijelaskan ulang oleh orang tuanya saat mengerjakan tugas. Dengan menemani mereka belajar maka kedekatan antara orang tua dan anak juga akan semakin kuat. So, Stay at home, why not?

Dengan berbagai aktivitas-aktivitas di atas semoga bisa mengurangi rasa jenuh dan stress saat kita terlalu lama di rumah. Semoga pandemi ini segera pergi meninggalkan bumi tercinta sehingga kita bisa kembali beraktiftas normal seperti sediakala. Aamiin.(**)

(Penuis adalah seorang guru di SDN 1 Sonuo, Kecamatan Bolangitang Barat, Kabupaten Bolang Mongondow Utara)

(Anggota Bidang Pengembangan Kerjasama, Penelitian Pengabdian Masyarakat (PKP2M)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here