Mulai Hari Ini, Pemkab Buol Akan Tindak Tegas Pelanggaran PSBB

0
423
Mulai Hari Ini, Pemkab Buol Akan Tindak Tegas Pelanggaran PSBB
Bupati Buol Amirudin Rauf

BOLMORA.COM, BUOL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng), akan menindak tegas warga yang masih kedapatan melanggar aturan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB). Penegasan itu disampaikan langsung Bupati Buol Amirudin Rauf, ketika dihubungi Bolmora.Com, via WhatsApp, Rabu (20/05/20) dini hari.

Baca: Pemkab Buol Mulai Terapkan Sanksi Bagi Pelanggar Aturan PSBB

Adpun daftar grafik jumlah kasus pelanggaran PSBB berdasarkan data Satgas Covid-19 Kabupaten Buol, yang dirilis Dinas Komunikasi dan Informatik (Diskominfo), menunjukkan tren pasang surut kurun sepekan terakhir, sejak diberlakukan PSBB pada Selasa (12/05/20) lalu.

Kendati demikian, dua hari terakhir angka kasus pelanggaran PSBB tercatat mengalami penurunan, dari 382 kasus pada Senin 18 Mei, turun menjadi 303 kasus pelanggaran. Namun, daftar grafik jumlah pelanggaran PSBB menunjukkan pasang surut.

Baca juga : Diskominfo Buol Rilis Angka Pelanggaran PSBB

Menanggapi hal itu, bupati mengatakan solusinya adalah menerapkan hukuman bagi yang masih kedapatan melanggar ketentuan PSBB. Kata dia, pemberian sanksi akan dimulai Rabu (20/05/20) hari ini. Tntu, penerapan sanksi hukuman sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Jadi, mulai besok (Hari ini) setelah selesai rapat evaluasi akan dilakukan tindakan lebih tegas sebagaimana diatur oleh undang-undang,” tegas Amirudin.

Bupati dua periode ini mengatakan, di hari-hari sebelumnya aparat telah melakukan sosialisasi terkait aturan PSBB, dengan terjun langsung ke tengah masyarakat. Sosialisasi serta sanksi peringatan dinilai cukup. Saatnya tinggal penindakan atas pelanggaran aturan PSBB.

“PSBB ini bukan saja menguras tenaga dan melibatkan banyak personel, tapi juga pembiayaan yang tidak sedikit. Jadi tujuannya harus tercapai, yakni memutus atau setidaknya mengurangi penyebaran wabah Covid-19,” terangnya.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here