DaerahNusa Utara

Erupsi Gunung Ruang Meningkat, BPBD Sulut Berupaya Salurkan Bantuan Petang Ini

BOLMORA.COM, SITARO – Aktivitas erupsi Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara (Utara) terus meningkat, pasca meletus pada Selasa (16/4/2024) malam.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemprov Sulut Adolf Tamengkel, pada Rabu (17/4/3024) malam tadi, pihaknya bersama rombongan yang membawa bantuan dengan menggunakan kapal umum KM Glory Marry, seharunya sudah sampai di Tagulandang.

“Karena erupsi terus meningkat dengan semburan batu kecil dan abu vulkanik, terpaksa kapal kami tumpangi berlabuh di Siau,” ungkap Tamengkel, Kamis (18/4/2024).

Kendati demikian, pihaknya tetap berupaya agar bantuan segera disalurkan pada Kamis petang ini.

“Segera, petang ini bantuan sudah dapat disalurkan kepads 847 warga yang saat ini diungsikan di Desa Minanga, Tagulandang Utara,” ungkap Kadis Oncel, sapaan akrabnya.

Diungkapkan mantan Kadis PUPR Sulut itu, saat ini pengungsi dipindahkan ke Tagulandang Utara, karena dampak peningkatan erupsi.

“Jarak Pulau Ruang dengan Tagulandang hanya sekitar 2 kilometer. Sedangkan dampak erupsi bisa mencapai 6 kilometer,” ujarnya.

Adapun tim bantuan sudah dikirim

Baca: Pemprov Sulut Gerak Cepat Salurkan Bantuan Korban Erupsi Gunung Ruang Tagulandang, Dipastikan Tiba Malam Ini

(Gnm)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button