Bolmut

RSUD Bolmut Tangani 4 Orang Berstatus ODP Covid-19

BOLMORA.COM, BOLMUT – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) saat ini menanggani 4 orang yang berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) Covid-19 atau Virus Corona.

Sebelumnya, 4 orang tersebut memiliki riwayat perjalanan pernah berpergian ke luar daerah dan luar Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) saat Covid-19 mulai menyebar.

Terinformasi, 4 orang tersebut merupakan staf di sekretariat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmut yang sempat mengikuti rapoat koordinasi (Rakor) di luar daerah.

Direktur RSUD Bolmut, melalui Humas RSUD Bolmut Grace Lasama mangatakan, pihaknya tidak berwenang untuk memberikan keterangan terkait penanganan pencegahan penularan Covid-19, sehingga menyarankan pada awak media untuk menunggu atau segera menghubungi Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut.

“Nanti menunggu Dinkes,” singkat Grace.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut, melalui Kepala Bidang Penanganan Penyakit Menular Febianto Lumoto, kepada awak media mengatakan, Senin (23/3/2020) hari ini, salah satu dari empat orang di KPUD Bolmut yang sempat melakukan perjalanan ke luar daerah, telah melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Bolmut.

“Keluhannya adalah batuk biasa. Sesuai pengakuan pasien sejak desanya dilanda banjir bandang, kesehatannya memang sudah menurun, tapi karena memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah, dirinya melakukan cek up agar bisa ditangani lebih baik,” ungkap Lumoto.

Berdasarkan keterangan pasien, mereka ada berempat saat melakukan perjalan ke luar daerah. 3 orang berasal dari Kecamatan Kaidipang, dan 1 orang dari Kecamatan Bolangitang Timur. Saat ini, mereka akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan pengobatan dan pemantauan.

“Ke-4 pasien ini berstatus ODP. Gejalanya hanya batuk-batuk biasa, tapi akan terus dipantau perkembangannya sembari meminta ke-4 pasien tersebut untuk mengisolasi diri secara mandiri,” ucapnya.

“Masyarakat diimbau agar tidak perlu panic, namun tetap waspada. Lakukan apa yang menjadi imbauan sebagaimana surat edaran pemerintah, maka semua akan baik-baik saja,” pinta Lumoto.

Terpisah, Ketua KPUD Bolmut Djunaidi Harunja, saat dihubungi awak media via telpon, membenarkan bahwa ke-4 orang tersebut berasal dari instansi KPUD Bolmut, dan memang telah melakukan perjalanan ke luar daerah dalam rangka mengikuti rakor.

“Iya benar, ke-4 orang tersebut berasal dari sekretariat KPUD Bolmut, dan baru kembali mengikuti rakor di luar daerah,” katanya.

Langkah-langkah yang ditempuh oleh pihaknya adalah meminta kepada 4 orang tersebut agar tidak masuk kantor dulu. Pihaknya juga telah menghubungi KPUD Provinsi sebagai pemberitahuan.

“Setelah kembali dari rakor di luar daerah, saya meminta ke-4 orang tersebut untuk mengisolasi diri secara mandiri di rumah masing-masing. Bila perlu segera melakukan pengecekan kesehatan,” terang Djunaidi.

(Awall)

Editor

Berita yang masuk dari semua Biro akan di Edit terlebih dahulu oleh Tim Editor Media Bolmora.com kemudian di publish.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button