Kasie Intel Kejari Bolmut Sebut Pengadaan Barang dan Jasa Puncak Tertinggi Tipikor

0
142
Kasie Intel Kejari Bolmut Sebut Pengadaan Barang dan Jasa Puncak Tertinggi Tipikor
Kepala Seksie (Kasie) Intelijen Kejari Bolmut, Bayu, SH.

BOLMORA.COM, BOLMUT — Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Moh. Reza Wisnu Wardhana, S.H, M.Hum, melalui Kepala Seksie (Kasie) Intelijen, Bayu, SH, mengatakan, peran Kejaksaan dalam rangka mengawal pembangunan di Bolmut fokus kepada korupsi yang menjadi musuh bersama dan salah satu yang menghambat pembangunan di Indonesia.

“Yang paling trend di Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan masih menempati posisi puncak Tipikor di Indonesia ada dua hal, yaitu sektor perizinan, terutama perizinan sumber daya alam dan industri, serta sektor pengadaan barang dan jasa,” ucap Bayu pada media Bolmora.com, Rabu (06/01/2021).

Untuk Kabupaten Bolmut sendiri, sektor perizinan sumber daya dan industri belum ada.

“Jadi, kami akan fokus pada pengadaan barang dan jasa. Dan kebetulan saya cukup menguasai bidang itu. Tipikor di pengadaan barang dan jasa marak terjadi pada saat perencanaan atau pemaketan pekerjaan. Kemudian, masuk ke tahap pelelangan yang cenderung mark-up harga untuk keuntungan pribadi dan berbagi dengan siapa keuntungannya, serta semua sudah terencana sejak awal,” jelasnya.

Bayu juga menyinggung penggunaan Dana Desa (Dandes) yang sifatnya swakelola. Kadang-kadang kelemahan kepala desa atau sangadi adalah minimnya pemahaman regulasi, sehingga terjadi yang namanya kelebihan bayar, dan kemahalan harga. Olehnya, pada saat penggunaan Dandes pekerjaannya tidak maksimal dari sisi swakelola.

“Dandes itu sifatnya swakelola, yang berarti apa yang dibeli, itu yang dipertanggungjawabkan. Tidak kontraktual, kecuali pada pekerjaan-pekerjaan tertentu yang tidak bisa lakukan sendiri, seperti pembangunan pabrik yang alatnya harus di pihak ketigakan. Tapi, pada prinsipnya Dandes harus swakelola,” tegas Bayu. 

(Awall)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here