Menikmati Sensasi Eksotis Pulau Nanas di Ujung Timur Kotabunan

0
126
Suasana tepi pantai Pulau Nanas Kotabunan, Kabupaten Boltim/foto by: Ayax Vay

BOLMORA.COM, FEATURES — Bolaang Mongondow Timur, atau dikenal dengan sebutan Kabupaten Boltim merupakan daerah pemekaran yang baru terbentuk pada bulan September di tahun 2008 silam. Daerah ini memiliki luas daratan sepanjang 910,176 km² dengan populasi kurang lebih sekitar 77,58 jiwa.

Secara geografis, Boltim meliputi wilayah sebagian besar pesisir pantai, dan sebagian wilayah pegunungan. Sehingganya, daerah ini cukup memiliki potensi-potensi alam yang dapat digarap untuk menjadi sumber pendapatan daerah. Terutama di sektor pariwisatanya yang cukup menjanjikan.


Saat menikmati tepi pantai Pulau Nanas bersama kawan-kawan Jurnalis Boltim/Foto by: Ayax Vay

Salah satunya adalah Pulau Nanas yang berada di Kecamatan Kotabunan. Pulau ini menyajikan destinasi spot wisata yang luar biasa tak kalah hebat dengan wisata yang ada di pulau Bali. Keindahan alam baharinya sangat menjanjikan bagi para penikmat wisata pantai.

Pulau Nanas, atau dikenal dengan sebutan Bombuyanoi, begitu warga sekitar menyebutnya, memang memiliki keindahan panorama yang masih murni dan asri. Mulai dari hamparan pasir putihnya, terumbu karang, rumput laut, hingga biota laut yang beraneka ragam, membuat pesona pulau tersebut semakin tak terbantahkan.

Ditambah dengan kekayaan flora dan faunanya yang unik, serta laut yang biru menjadikan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke pulau tersebut.

Di pulau ini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas untuk melepas penat. Mulai dari memancing, berlayar, berenang, berjemur, snorkeling dan menyelam, ataupun hanya sekedar santai dan bernyanyi di tepi pantai, semuanya sangat cocok dilakukan ketika akan liburan bersama keluarga atau juga bersama kawan-kawan.

Untuk bisa sampai ke pulau ini, wisatawan yang datang dari Kota Manado, harus menempuh perjalan darat 3 sampai 4 jam ke Kotabunan menggunakan kendaraan jenis mobil. Kemudian lanjut menggunakan perahu mesin, yang hanya memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit.

Para pengunjung yang datang ke pulau ini tidak akan dipungut biaya alias gratis. Hanya mengeluarkan biaya untuk sewa perahu dari warga setempat, dengan biaya Rp20.000/orang

Begitulah gambaran singkat tentang keindahan alam Pulau Nanas di Kotabunan berdasarkan pengalaman pribadi ketika berkunjung ke pulau tersebut.

Meskipun pulau ini belum terkelola secara profesional oleh Pemda Boltim, namun warga setempat menyediakan berbagai jasa untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang akan berkunjung Pulau Nanas.

So, bagi teman-teman, kerabat dan keluarga yang ingin berpetualang di pulau eksotis yang belum terjamah banyak orang, Pulau Nanas adalah salah satu tempat yang di rekomendasi untuk berlibur di akhir pekan.

Penulis: Ayax Vay Lasambu

Editor: Wandy

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here