Komitmen Selesaikan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI, Ini Pesan Bupati Bolsel

0
74

BOLMORA.COM, BOLSEL — Pemerintah Kabupaten Bolmong Selatan, menyatakan sikap akan terus berkomitmen menyelesaikan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK RI, Piagam Audit dan Pelaksanaan Survei Penilaian Integritas.

Pernyataan ini disampaikan oleh Bupati Bolsel, Hi. Iskandar Kamaru usai melakukan penandatanganan Rekomitmen Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI, di halaman Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) yang juga disaksikan oleh seluruh pejabat eselon di lingkungan kerja Pemkab Bolsel.

Dalam sambutannya, bupati berpesan, bahwa penandatanganan Rekomitmen ini adalah bentuk komitmen Pemkab Bolsel dalam penyelesaian tindak lanjut tersebut, sesuai dengan hasil rapat bersama BPK RI perwakilan Sulawesi Utara, yang dihadiri oleh seluruh kepala daerah.

Dikatakan bupati, sebelum dilaporkan ke BPK RI, nantinya Sekretaris Daerah (Sekda) akan mengevaluasinya untuk disampaikan kepada bupati dan wakil bupati terlebih dahulu.

Begitu pula dengan piagam audit, bupati mengatakan, bahwa perlu dilakukan penegasan.

“Harus ada komitmen dari para pemangku kepentingan, atau stakeholders, terhadap pentingnya pengawasan internal sesuai amanat PP nomor 60 tahun 2018, tentang sistem pengendalian internal pemerintah terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, ” tegasnya.

Lanjut bupati mengatakan, “Komitmen akan dituangkan dalam piagam audit sebagai dokumen formal yang menyatakan tujuan, wewenang, dan tanggung jawab kegiatan pengawasan intern oleh aparat pengawasan intern pemerintah,” terang bupati.

Sementara terkait survei penilaian integritas, menurut bupati, hal ini merupakan kerjasama antara KPK, BPS, yang tujuannya memetakan integritas dan capaian pencegahan korupsi pada lembaga pemerintah termasuk pemerintah daerah.

Selain itu, Bupati juga berharap enam dinas yang terdiri dari BPKPD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, PUPR-PPKP, Penanaman Modal/KPTSP, Transmigrasi dan Tenaga Kerja, serta ULP, dapat membantu kelancaran kegiatan tersebut.

(**)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here