Seruput Wedang Jahe Sambil Menikmati Sate Seafood Ala Lesehan Mas Kiki di Kotobangon

0
427
Seruput Wedang Jahe Sambil Menikmati Sate Seafood Ala Lesehan Mas Kiki di Kotobangon
Angkringan Mas Kiki di Kelurahan Kotobangon/Foto: Wandy Rotu
Advertisement

BOLMORA.COM, EKBIS — Wedang adalah hidangan minuman tradisional nusantara asal Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal di tanah air Indonesia. Terbuat dari bahan rempah-rempah khas Indonesia seperti Jahe, Pala, Kayu Manis, Cengkeh, Kapulaga, Secang, dan Daun Salam yang biasanya dikombinasikan dengan Gula Batu.

Di Indonesia sendiri minuman wedang ini memiliki beberapa macam jenis dengan berbagai nama, salah satunya yakni Bandrek. Namun semua jenis minuman tersebut rata-rata terbuat dari bahan rempah yang sama.

Wedang Jahe sendiri baik untuk dikonsumsi karena khasiatnya bisa menyehatkan badan. Terlebih disajikan saat cuaca dingan atau kondisi badan kurang sehat. Dengan seduhan air panas bercampur rempah-rempah segar, badan akan merasakan kehangatan yang penuh energi.

Penasaran dengan khasiat minuman Wedang Jahe ini? Kalian bisa mengunjungi Angkringan Cah Bagoest miliknya Mas Kiki. Lokasinya tidak jauh dari perempatan lampu merah Kotobangon. Tepatnya di Jalan Siliwangi, samping jembatan Masjid arah Kantor Kelurahan Kotobangon.

Angkringan Mas Kiki sendiri punya minuman andalan yang diberi nama Wedang Uwuh. Terbuat dari bahan-bahan rempah pilihan yang dikirim langsung dari Jawa Tengah.

“Untuk minuman Wedang Uwuh, bahan-bahannya terbuat dari 8 item rempah-rempah campuran yang sebagian kita pesan dari Jawa, “ ujar Pria asal Tegal yang sudah menjadi warga Modayag kepada BOLMORA.COM, Jumat (17/9/2021).

Selain itu, kata Kiki, Ia juga menyediakan berbagai aneka minuman seperti Wedang Jahe Susu, Wedang STMJ, Teh Rosela, Aneka Kopi dan Teh, serta Nutrisari. Untuk jajanannya, ada beberapa pilihan menu sederhana yang sangat murah meriah dengan harga mulai Rp 2000 hingga Rp 5000 rupiah.

“Kami menyediakan berbagai jajanan sate. Ada sate kikil, sate usus, sate cumi, sosis, sate bakso, sate telur puyuh, sate udang, ceker pedas, sate seafood, kicak dan Nasi Kucing yang dibungkus dengan daun pisang, “ terang Kiki, disela-sela menyajikan minuman wedang kepada pengunjung-pengunjung setianya.

Usaha angkringan ini dirintis oleh Mas Kiki sejak 3 tahun lalu. Awalnya Ia membuka gerai di depan Pertamina Kotobangon. Namun karena habis masa kontrak, sehingga usahanya sempat beberapa kali pindah tempat lokasi.

“Waktu awal saya membuka usaha tersebut di depan Pertamina Kotobangon, kurang lebih satu tahun kita jualan disitu, ” jelas Kiki 

Sementara itu, salah satu pengunjung yang terlihat sedang asyik meyeruput Wedang Uwuh ikut menimpali komentar. Ia mengatakan, bahwa dirinya sudah menjadi langganan tetap karena Ia sudah merasakan khasiat wedang ungu ala Mas Kiki.

“Hampir setiap hari kami mampir ke angkringannya Mas Kiki, hanya untuk sekedar minum Wedang Uwuh yang khasiatnya sudah saya rasakan, “ ujar Iwan, seorang pelanggannya Mas Kiki.

(Wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here