Iskandar Kamaru Buka Sosialisasi Tim PKK Desa dan Pelatihan KPM

0
529
Iskandar Kamaru Buka Sosialisasi Tim PKK Desa dan Pelatihan KPM
Bupati bersama Ketua TP-PKK kabupaten Bolsel membuka sosialisasi dan kegiatan
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLSEL – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, didampingi Ketua TP-PKK Selpian Kamaru-Manoppo, Kamis (2/9/2021),membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2020 tentang peran desa dalam pencegahan stunting kepada Tim Penggerak PKK desa, sekaligus pelaksanaan pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM), yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), bertempat di Balai Desa Popodu. 

Menurut bupati, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam penanganan stunting yang saat ini masih tinggi di Kabupaten Bolsel. 

“Salah satunya adalah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2020 tentang peran desa dalam pencegahan stunting. Yang mana, salah satu prioritas dana desa (Dandes) adalah pencegahan stunting,” ujarnya. 

Dikatakan, pemerintah desa harus mengalokasikan dana desa untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mengurangi dan mencegah stunting di desa. 

“Memang, untuk menurunkan angka stunting harus dari desa ke kecamatan hingga daerah,” ungkapnya. 

Bupati juga mengatakan agar program kegiatan PKK dapat diintegrasikan dengan program kegiatan pemerintah desa dalam pencegahan dan penanganan stunting. 

“KPM juga harus turut serta dapat memfasilitasi pelaksanaan pencegahan dan penurunan stunting di tingkat desa,” pinta Iskandar. 

Diapun mendelegasikan Dinas PMD sebagai penanggung jawab dalam membina KPM melalui pemerintah desa. 

“Agar kegiatan ini terlaksana dengan lancar, terbangun kerja sama, koordinasi dan kemitraan yang baik antara pemerintah daerah, pemerintah desa, PKK dan KPM,” imbuhnya. 

Diharapkan juga agar pelaksanaan kegiatan ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk memperhatikan asupan gizi kepada bayi, sebagai upaya pencegahan stunting. 

“Diharapkan kepada semua pihak agar pelaksanaan program pencegahan dan penanganan stunting harus terlaksana dengan baik, serta tepat sasaran. Sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan,” pungkas Iskandar. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Ramli Abdul Madjid, kepala PD, camat dan sangadi, TP-PKK, serta KPM Kecamatan Bolaang Uki dan Helumo.

(Nanda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here