Calon Anggota DPR RI Terpilih Dapil Sulut Ini Turut Memberikan Pendapat Soal Polemik RKUHP

0
1541
Calon Anggota DPR RI Terpilih Dapil Sulut Ini Turut Memberikan Pendapat Soal Polemik RKUHP
Caleg DPR RI Terspilih Dapil Sulut Hi Herson Mayulu, SIP.

BOLMORA.COM, SULUT – Calon Anggota DPR RI terpilih asal Sulawesi Utara (Sulut) Hi Herson Mayulu (H2M) turut menyampaikan pendapatnya soal Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang kini tengah menjadi polemik.

Mantan Bupati Kabupaten Bolsel dua periode ini mengaku sepakat dengan penundaan pengesahannya, lantaran diperlukan waktu yang cukup untuk mempelajari dan membahas RKHUP yang berkaitan dengan semua lapisan masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh H2M saat dihubungi Bolmora.Com, Kamis (26/9/2019).

H2M mengatakan bahwa Undang-undang yang dibuat tentu keseluruhannya adalah kebaikan masyarakat Indonesia.

“KUHP mutlak diperlukan, karena sudah 74 tahun Indonesia merdeka, tapi kita masih menggunakan KUHP yang nafasnya berbau kolonial. Tentang RUU KUHP yang sedang dibahas, hendaknya kita menyikapi dengan bijak dan tidak perlu saling menyalahkan,” ujarnya.

Menurut dia, jika ada pasal-pasal yang substansinya masih kontroversi, sebaiknya dibahas kembali dengan hati dan kepala dingin agar rancangannya bisa baik.

“Mari kita bahas kembali dengan hati dingin dan akal sehat agar rancangannya bisa baik, karena produk KUHP ini adalah kebutuhan bangsa dan negara yang nanti akan digunakan selama NKRI menjadi negeri tumpah darah kita semua,” imbuh Om Oku sapaan akrab H2M .

Ia pun mengimbau kepada semua pihak untuk menghentikan pertentangan, bahkan kekerasan yang sedang terjadi saat ini.

“Marilah kita hentikan semua kerisauan, pertentangan, bahkan kekasaran dan bahkan kekerasan yang sedang terjadi. Marilah kita teduhkan hati dan pikiran kita, menuju demokrasi yang sehat dan bertanggung jawab,” ajak Ketua LPTQ dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulut ini.

Seperti yang diberitakan sejumlah media nasional bahwa, Presiden Joko Widodo meminta DPR menunda pengesahan RKUHP yang menuai polemik di masyarakat.

Jokowi sudah memerintahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, untuk menyampaikan sikap pemerintah ini kepada DPR.

Jokowi menyebut permintaan ini karena mencermati masukkan berbagai kalangan yang keberatan dengan sejumlah subtansi RKUHP. 

Sebagai informasi, H2M adalah satu-satunya Caleg asal Bolmong Raya (BMR) yang terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024, melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

(Tim Redaksi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here