Masa Ta’aruf Siswa Madrasah di Bolmong Berakhir

0
403
Masa Ta'aruf Siswa Madrasah di Bolmong Berakhir
Masa Ta'aruf Siswa Madrasah
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG — Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) pada MTs Negeri 1 Bolmong telah berakhir pada Kamis (16/7), dan ditutup oleh Kepala Kantor Kemenag Bolmong, Drs H Muhtar G Bonde.

Siswa peserta matsama merupakan mereka yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan tes tulis serta wawancara.

Kegiatan yang berlangsung sejak 13 hingga 15 Juli 2021 ini melibatkan sebanyak 130 siswa, diikuti secara daring dan tatap muka.

Menurut Kepala Kantor, jumlah ini terbilang banyak padahal sekolah umum (SMP) negeri dan swasta di wilayah Lolak juga banyak.

“Jadi ini indikasi bahwa madrasah masih menjadi pilihan utama masyarakat muslim. Minat dan kepercayaan para orangtua menyekolahkan putra-putrinya di madrasah masih tinggi. Nah, sekarang tugas kita adalah menjaga dan meningkatkan kualitas madrasah agar lebih berdaya saing di bidang Imtaq dan IPTEK,” terang Bonde.

Kepala Kantor berpesan agar peserta didik baru meluruskan niat untuk belajar semaksimal mungkin mempergunakan waktu mudah fokus untuk menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi serta ilmu agama.

Teknis pelaksanaannya yaitu peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama mengikuti tatap muka pada hari pertama. Kelompok kedua, mengikuti tatap muka pada hari kedua. Dan kelompok ketiga mengikuti tatap muka hari terakhir. Sementara itu kelompok yang sedang tak mendapat jadwal tatap muka diwajibkan mengikuti materi secara daring (online).

Kepala MTsN 1 Bolmong, Nuhran Soga, menyebut metode ini diterapkan untuk mematuhi dan memenuhi standar protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Lanjutnya, matsama merupakan kegiatan awal bagi peserta didik baru yang bertujuan untuk memberikan pengenalan lingkungan terhadap seluruh komponen madrasah baik sejarah, sarana prasarana, tenaga pendidik dan kependidikan.

“Harapannya, ketika mereka masuk sudah mengenal lingkungan madrasah sehingga mudah mereka beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru,” pungkas Nuhran Soga

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here