Kembali Lakukan Eksplorasi, Pertamina Geotermal Energy Targetkan Produksi Mulai 2026

0
Kembali Lakukan Eksplorasi, Pertamina Geotermal Energy Targetkan Produksi Mulai 2026
SosialisasiPertamina Geotermal Energy di Kabupaten Boltim
Advertisement

BOLMORA.COM , BOLTIM – Pertamina Geotermal Energy (PGE) kembali melanjutkan proyek pengembangan energi panas bumi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Saat melaksanakan pertemuan sekaligus sosialisasi dengan jajaran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab), Rabu (11/5/2022), jajaran PGE yang dikomandoi langsung oleh Head of Health Safety Security Environment (HSSE) PT Pertamina Geotermal Energy Uus Rahmat Kurniawan, meminta dukungan penuh dari Pemkab Boltim untuk kelanjutan proyek ini.

“Kami dari PGE berharap adanya kesamaan visi dari Pemkab Boltim terkait pengembangan Geotermal yang ada di Kabupaten Boltim,” Ungkap Kurniawan.

Dirinya menjelaskan, sebelumnya
PGE sudah pernah melakukan eksplorasi, namun belum optimalkan.

“Eksplorasi akan segera kembali kita mulai, tetapi masih menunggu proses finalisasi dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan–Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL),” Jelas Kurniawan.

Kurniawan menerangkan, target PGE sendiri akan produksi pada tahun 2026 nanti.

“Kita targetkan akan produksi di tahun 2026, tapi semuanya tergantung hasil eksplorasi yang akan dimulai tahun 2022 ini hingga tahun 2024. Untuk luas wilayah eksplorasi,” Terangnya.

Kurniawan menambahkan, PGE nantinya sangat memperhatikan persoalan kelestarian lingkungan baik saat proses eksplorasi hingga pada tahap produksi nanti.

“Kita sangat konsen terhadap pelestarian lingkungan, dampak lingkungan dengan adanya kegiatan ini sangat kita perhatikan. Kegiatan eksplorasi akan membutuhkan air permukaan, khususnya untuk kegiatan pengeboran, namun digunakan secara Intermitten (tidak terus menerus), dengan memperhatikan debit air permukaan yang tersedia
dan dipastikan tidak akan ada pencemaran lingkungan. Untuk target produksi kita nanti, lapangan uap di Boltim bisa mensuplai  Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dengan kapasitas maksimal 4×20 Megawatt,” Urainya.

Sementara Sekretaris Daerah Sonny Warokka mengatakan, Pemkab Boltim sangat terbuka untuk investasi dan pastinya mendukung kegiatan ini.

“Pasti Pemkab Boltim sangat mendukung ini, apalagi kedepan jika sudah berjalan akan menambah Pendapat Asli Daerah (PAD) dan juga akan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” Ujar Sonny.

(RG)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here