Berkat Perjuangan H2M, Tiga Kabupaten di BMR Ditetapkan Lokasi Baru Program KOTAKU

0
1926
Berkat Perjuangan H2M, Tiga Kabupaten di BMR Ditetapkan Lokasi Baru Program KOTAKU
Hi. Hersom Nayulu, S.IP

BOLMORA.COM, SULUT – Tiga kabupaten di wilayah BMR (Bolmong Raya) ditetapkan sebagai penerima BPM (Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat) yang disebut program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) tahun 2020.

Tiga Kabupaten dimaksud, yakni Kabupaten Bolsel (Bolaang Mongondow Selatan) yang dipusatkan di Desa Ilomata, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolmong (Bolaang Mongondow) di Kelurahan Inobonto I, Kecamatan Bolaang dan Kabupaten Bolmut (Bolaang Mongondow Utara) di Desa Bolangitang 2, Kecvamatan Bolangitang Barat.

Penetapan lokasi baru penyelenggaraan program KOTAKU ini terwujud berkat aspirasi dan perjuangan anggota Komisi V DPR RI asal Sulut Hi. Herson Mayul, S.IP. Hal itu terungkap dalam lokakarya program KOTAKU tingkat kabupaten yang dilaksanakan oleh BPPW (Balai Prasarana Permukiman Wilayah) Provnsi Sulut (Sulawesi Utara), Rabu (20/5/2020).

“Program pemberdayaan ini merupakan program kerja sama antara Kementerian PUPR dengan mitra kerja di DPR RI dalam hal ini Komisi V, dan ini merupakan perjuangan aspirasi anggota DPR RI asal Sulut di Komisi V, yang juga berasal dari daerah BMR, yaitu bapak Herson Mayulu. Sehingga, tiga kabupaten ini bisa mendapatkan BPM berupa pendampingan penyelengaraan program KOTAKU,” sebut salah satu peserta lokakarya, yang digelar secara virtual melalui video converece.

Selain program KOTAKU, disebutkan juga ada program pemberdayaan lain yang diperjuangkan, seperti program Pisew.

Kasatker (Kepala Satuan Kerja) BPPW Sulut Alfrits S.W. Makalew, ST, M.Si, menambahkan khusus untuk Kabupaten Bolsel, Bolmong dan Bolmut, patut bersyukur karena ada perwakilan di pusat yang memperjuangkan aspirasinya.

“Ini patut disyukuri oleh tiga kabupaten yang telah ditetapkan sebagai daerah penyelengaraan program KOTAKU tahun 2020 ini,” singkat Alfrits.

Sementara, H2M (singkatan nam Hi. Herson Mayulu), dalam kesempatan meninjau sekaligus mendampingi Pemerintah Daerah Kabupaten Bolsel menyalurkan BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang berasal dari Dandes (Dana Desa), pada Jumat (15/5/2020) pekan lalu, menyampaikan bahwa program penyelenggaraan KOTAKU yang dipusatkan di Desa Ilomata, nantinya akan dilaksanakan secara padat karya atau swakelalo.

“Jadi, pelaksanaannya nanti secara swakelolah, tidak dierikan ke kontraktor atau pemborong. Pemerintah desa harus benar-benar dapat mengelolah program dengan benar. Sebab, tidak gampang untuk mendapatkan program ini. Selain Bolsel, ada juga di beberapa daerah lain, seperti Bolmong, Bolmut dan Kota Kotamobagu,” ungkap H2M.

Sekadar diketahui, program KOTAKU telah disosialisasikan kepada pemerintah daerah sejak 27 April 2016.

Adapun indikatornya adalah sebagai berikut

1. Bangunan Gedung
2. Jalan Lingkungan
3. Penyediaan Air Minum
4. Drainase Lingkungan
5. Pengelolaan Air Limbah
6. Pengelolaan Persampahan
7. Pengamanan Kebakaran

Berikut Lokasi Dampingan Program KOTAKU Prov  Sulut Tahun Anggaran  2020

KOTA/KABJUMLAH KEL/DESAJLH KEL/DESA PENERIMA BPM*KATEGORI LOKASI
Kota Manado872Lokasi Lama
Kota Bitung69Lokasi Lama
Kab. Bolaang Mongondow11Lokasi Baru
Kab. Bolmong Utara11Lokasi Baru
Kab. Bolmong Selatan11Lokasi Baru
Kota Tomohon44Lokasi Lama
Kab. Minahasa43Lokasi Lama
Kota Kotamobagu33Lokasi Lama
Kab. Kep. Sangihe22Lokasi Lama
Kab. Minahasa Utara9Lokasi Lama
SULUT3105 

(Gunady)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here