Pemkab Bolmut Raih Opini WTP untuk Ketiga Kali

0
358
Pemkab Bolmut Raih Opini WTP untuk Ketiga Kali
Bupati Bolmut Derpi Pontoh, didampingi ketua DPRD Saiful Ambarak, saat akan menerima LHP

BOLMORA.COM, BOLMUT – Pemkab Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bolmut Tahun Anggaran 2018.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Tahun Anggaran 2018 tersebut, diterima langsung oleh Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh, dari Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Tangga Muliaman Purba, yang bertempat di Kantor BPK RI Perwakilan Sulut Manado, Senin (27/5/2019).

Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Tangga Muliaman Purba, dalam sambutannya mengatakan bahwa opini WTP yang diterima oleh para kepala daerah harus dijadikan motivasi dalam mewujudkan administrasi keuangan yang lebih baik.

“Jangan mudah puas. Pengelolaan keuangan harus tetap dimaksimalkan dengan mengacu pada prinsip dan asas pengelolaan keuangan,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota VI BPK RI Harry Azhar Azis mengatakan, WTP merupakan amanat Undang-undang yang harus dipenuhi seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

“WTP adalah kewajiban minimum, karena pengelolaan anggaran harus memenuhi tiga unsure, yaitu transparansi, bertanggung jawab dan digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Bolmut Depri Pontoh, yang didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Saiful Ambarak, usai menerima langsung opini WTP tersebut mengaku sangat bersyukur atas raihan opini WTP yang ketiga kalinya ini.

Menurutnya, ini sebagai bukti bahwa Pemkab Bolmut patuh dan taat serta bertanggung jawab terhadap pengelolaan keuangan, sehingga tahun LKPD tahun 2019 pemkab Bolmut kembali memperoleh opini WTP dari BPK RI.

“Keberhasilan kita dalam meraih opini WTP yang ketiga kalinya ini tak lepas dari kerja keras seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang selalu patuh, taat, professional dan bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan daerah,” ungkap Depri.

Kendati demikian, bupati dua periode ini meminta kiranya prestasi yang diraih ini tidak membuat jajaran Pemkab Bolmut terlena dan lupa diri. Sebab ke depan, banyak tantangan yang akan dihadapi, terutama harapan-harapan masyarakat yang harus direspon dan dilaksanakan sebaik mungkin.

“Penghargaan dan capaian kinerja yang kita raih saat ini harus dijadikan dasar untuk lebih keras lagi dalam bekerja, lebih professional, terutama lebih mensinergikan perencanaan, penganggaran dan pertanggung jawabannya, sehingga berdampak besar tehadap masyarakat Bolmut khususnya,” pungkasnya.

Kegiatan penyerahan LHP atas LKPD Tahun Anggaran 2018 tersebut, juga dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE., Ketua DPRD Provinsi Sulut Andrei Angouw, serta para bupati, wali kota, wakil bupati dan wakil wali kota, serta para pimpinan DPRD kabupaten /kota se–Provinsi Sulut.

(awall/gnm)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here