Dua Hari Hilang, Nelayan Buol Ditemukan Selamat di Laut Tolitoli

0
38
Nelayan Buol Hilang, Ditemukan Selamat di Laut Tolitoli
Rudi S Datu nelayan yang sebelumnya dinyatakan hilang disambut keluarganya di Kelurahan Buol, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, Sabtu (06/03/21). Foto : Istimewa
Advertisement

BOLMORA.COM, BUOL – Setelah dinyatakan hilang saat melaut selama kurang lebih dua hari, Rudi S Datu (47) warga Kelurahan Buol, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, Sulteng, akhirnya ditemukan selamat diperairan laut Kabupaten Tolitoli, Sabtu (06/03/21).

Rudi, ditemukan oleh nelayan asal Desa Salumpaga diwilayah perairan laut Desa Binontoan Kecamatan Tolitoli Utara, Kabupaten Tolitoli Sulteng dengan kondisi terapung disamping perahu miliknya. Selanjutnya, dievakuasi menujuh ke daratan Desa setempat.

Rudi menuturkan, peristiwa yang menimpahnya bermula saat akan kembali ke kapung usai melaut. Ditengah perjalanan tiba-tiba kondisi cuaca beruba ekstrim dengan gelombang cukup tinggi dan menghantam perahu menyebabkan sema bagian depan dan belakang patah dan perahunya terbalik.

“Saat itu saya terjatuh dari perahu dan ambil pelampung saya ikatkan di kaki supaya tidak tenggelam. Sejak itulah saya terapung disamping perahu selama dua malam, kejadiannya hari Kamis,”kata Rudi.

Lanjutnya menjelaskan, untuk bertahan selama kurang lebih dua malam terapung di laut diri hanya meminum air hujan yang ditampung melalui telapak tangan yang dijulurkan ke atas. Air hujan yang mengalir liwat lengannya itulah kemudian diminumnya.

Rudi mengatakan, dalam kondisi fisik yang sudah lemas melihat ada perahu melintas tidak jauh dari lokasi tempatnya terapung, iapun langsung melambaikan tangan untuk meminta pertolongan. Seketika perahu tersebut mendekat.

“Saya langsung ditolong dan di naikan ke perahu mereka. Karena melihat kondisi saya yang sudah lemah mereka langsung berikan air minum dan makanan kemudian saya dibawah ke daratan Desa Binontoan,”kata Rudi.

Sebelumnya, Rudi S Datu (47) nelayan warga Kelurahan Buol pergi melaut pada Kamis (04/03/21) sekira pukul 05.00 dini hari. Hingga jum’at (05/03/21)  pukul 20.57 waktu setempat Rudi belum juga kembali hingga dinyatakan hilang.

Sementara itu, mendapat informasi telah ditemukannya Rudi S Datu, Polres Buol bersama BPBD dan Pemerintah Kelurahan Buol langsung menujuh lokasi di Desa Binontoan untuk menjemput korban. Saat ini Rudi S Datu telah kembali berkumpul bersama keluarga dengan kondisi sehat.

terkait kejadian tersebut Kapolres Buol AKBP Dieno Hendro Widodo menghimbau masyarakat utamanya para nelayan sebelum turun melaut untuk mewaspadai kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini.

“Selain itu demi keselamatan jangan lupa membawah serta alat keselamatan selama turun memancing. seperti life jacket (pelampung) dan senter. terpenting adalah memperhatikan kondisi cuaca sebelum pergi melaut,”himbau Kapolres.

(Syarif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here