Pandemi Covid-19, Kasus DBD di Bolmomg Turun

0
47
Pandemi Covid-19, Kasus DBD Di Bolmomg Turun
Ilustrasi DBD (Sumber: Google)
Advertisement

BOLMORA.COM, BOLMONG – Kasus Demam Berdarah Dengue atau DBD di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menurun selama pandemi Covid-19. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmong mencatat, pada di tahun 2020 penderita DBD hanya 45 kasus. Ini tentu menurun jika dibandingkan tahun 2019, yang menyentuh angka 127 kasus.

“Bahkan, penurunan kasus itu sudah tampak pada pertengahan tahun 2020,” kata Kepala Dinkes Bolmong, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bolmong Yusuf Detu.

Lanjutnya, pada tahun 2020 lalu kasus tertinggi di Desa Tanoyan, Kecamatan Lolayan.

“Tercatat hingga 12 kasus. Di mana, kasus tertinggi terjadi pada Februari dan Maret 2020,” jelasnya. 

Meskipun demikian, Ia mengingatkan kepada masyarakat agar tetap tingkatkan kewaspadaan dan tetap turut andil dalam upaya pencegahan DBD bersama Pemkab Bolmong.

“Terlebih saat ini cuaca tidak menentu, bahkan sering pula hujan setelah cuaca panas. Jangan sampai ada genangan air yang menjadi sarang nyamuk,” imbau Yusuf. 

Dari penelusuran Bolmora.Com, turunnya kasus DBD akibat kurangnya warga yang berobat di layanan kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit saat pandemi.

Cici (25), warga Passi Barat mengaku, jangankan mau datang ke rumah sakit atau puskesmas yang terdekat. Untuk datang berobat ke mantri desa saja sekarang sudah takut. Alasannya tak lain karena khawatir dinyatakan positif Covid-19. padahal yang dirasa hanya sakit flu biasa.

“Tahun 2019 saya pernah kena DBD dan pergi berobat di puskesmas terdekat. Tahun ini, jika merasa sakit flu atau panas dingin cukup beli obat di warung atau apotek. Karena kalau ke rumah sakit, puskesmas atau mantri desa takut divonis Covid-19,” bebernya.

Berikut rincian kasus DBD tahun 2020 di tiap desa di Kabupaten Bolmong:

PASSI BARAT 0
PANGIAN 1
BILALANG 1
TUNGOI 3
TANOYAN 12
PUSIAN 0
IMANDI 4
WERDHI AGUNG 1
DOLODUO 5
MOPUYA 4
KONAROM 3
KOMANGAAN 0
INOBONTO 0
TADOY 0
POIGAR 4
LOLAK 7
BUNTALO 0
MAELANG 0 .

(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here